Pelatihan Promosi Digital Desa Wisata Kerajinan Bambu Karangasem, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Penulis

  • Budiawan Universitas Gadjah Mada
  • Tri Kuntoro Priyambodo Universitas Gadjah Mada http://orcid.org/0000-0003-1906-7224
  • Janianton Damanik Unversitas Gadjah Mada
  • Rully Anggi Akbar Universitas Gadjah Mada
  • Rina Widiastuti Universitas Gadjah Mada

Kata Kunci:

desa wisata, promosi digital, metode partisipatif, media sosial

Abstrak

Pendampingan suatu desa menjadi desa wisata terdiri dari beberapa tahapan. Salah satunya adalah pendampingan bagaimana desa wisata itu mampu melakukan promosi secara mandiri. Di sinilah tim UGM melakukan serangkaian pelatihan promosi digital di Desa Wisata Kerajinan Bambu Karangasem, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada November – Desember 2021. Desa tersebut dari 2014 sampai 2019 telah didampingi oleh Program Studi Pariwisata Sekolah Vokasi (SV) UGM dari desa kerajinan bambu semata menjadi desa wisata berbasis kerajinan bambu. Akan tetapi kunjungan wisatawan ke desa itu tidaklah maksimal. Melalui serangkaian pelatihan dengan metode separtisipatif mungkin dan diikuti 10 peserta,  tim UGM berhasil meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan teknis para penggerak desa wisata Karangasem dalam fotografi, videografi, dan pengelolaan konten di media sosial. Ini terbukti dari peningkatan jumlah postingan, followers, following, impressions baik di akun IG desa wisata itu maupun di akun pribadi pengelolanya. Memang belum ada kunjungan wisatawan berkat postingan-postingan di akun IG itu. Akan tetapi popularitas desa wisata itu di media sosial diharapkan akan berdampak secara nyata, minimal dalam penjualan produk-produk kerajinan bambu mereka.

Biografi Penulis

Tri Kuntoro Priyambodo, Universitas Gadjah Mada

Associate Professor

Department of Computer Science and Electronics

Referensi

Adnyani, Ni Ketut Sari dan Dantes, Ni Komang Febrinayanti. 2022. Pemberdayaan Desa Adat dalam Pembangunan Pariwisata untuk Mewujudkan Pertumbuhan Ekonomi Inklusif Komunitas Krama. Jurnal Widya Laksana, Vol. 11, No. 1: 61 – 75.

Akbar, R.A., Priyambodo, T.K., Kusworo, H.A., dan Fandeli, C. 2020. Digital Tourism 4.0 Collaborative Strategy for Banggai Brothers Area, Central Sulawesi, Indonesia. Journal of Education, Society and Behavioural Science, 33 (1): 25-38.

Baskoro, B.R. Suryo, dan Cholsy, Hayatul. 2018. Menggaet Lebih Banyak Tamu Francophones: Pembelajaran Bahasa Prancis bagi Warga dan Karyawan Kampung Homestay Borobodur. Bakti Budaya, Vol. 1, No. 2: 166 – 174.

Budiawan, Damanik, J., Widiastuti, R., Wachyuni, S.S., Priyambodo, T.K. 2021. Social Media and Millenials: Effects, Complexities, and Future Research. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology 18(4), 2701-2714.

Citra, I Putu Ananda dan Sarmita, I Made. 2019. Pemetaan Potensi Wisata untuk Pengembangan Desa Wisata Muntigunung di Desa Tianyar Barat. Jurnal Widya Laksana, Vol. 8, No. 1: 85 – 90.

Damanik, J., Pitanatri, P.D.S., Priyambodo, T.K., Wachyuni, S.S., Akbar, R.A., Wibowo, M.E. 2020. Buy or Bye? Indonesian Millennial Tourists’ Motives and Consumption Patterns. Proceedings of 8th ITSA Biennial Conference 2020.

Hastuti dan Khotimah, Nuru.l. 2017. Model Pengembangan Desa Wisata Berbasis Komoditas Lokal di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 22, No. 2: 92 – 98.

Indrastuti, Novi Siti Kussuji. 2020. Pelatihan Penyusunan Wacana Persuasif dan Promotif Melalui Media Sosial untuk Branding Desa Wisata Kleco, Samigaluh, Kulonprogo. Bakti Budaya, Vol. 3, No. 1: 41 – 50.

Laksono, A. D., Megatsari, H. and Yoto, M. 2019. Riset Aksi Partisipati Desa Sehat Berdaya, dalam Suyanto, B. (ed.) Connecting the Unconnected, Riset Aksi Partisipatif Desa Sehat Berdaya. Surabaya: Health Advocacy.

Menggo, Sebastianus, Su, Y. Rosdiana, dan Taopan, Rizki A. 2022. Pelatihan Bahasa Inggris Pariwisata di Desa Wisata Meler. Jurnal Widya Laksana, Vol. 11, No. 1: 85 – 97.

Raharjana, D.T. dan Ahimsa Putra, H.S. 2020. Penguatan SDM dalam e-Marketing untuk Promosi Desa Wisata di Kabupaten Malang. Jurnal Nasional Pariwisata, Vol.12, No.2: 140-151.

Raharjana, Destha T., Yusuf, Mohamad, dan Retnowati, Arry. 2020. Penguatan Kapasitas Pokdarwis untuk Pengurangan Risiko Bencana di Destinasi Pariwisata Dieng. Bakti Budaya, Vol. 3, No. 2: 132 – 148.

Richards, Greg. 2011. Creativity and Tourism: The State of the Art. Annals of Tourism Research, Vol. 38, No. 4: 1225 – 1253.

Sano, Hiroyoshi. 2016. Theoretical consideration on creative tourism. Journal of Global Tourism Research, Vol. 1, No. 2: 127 – 132.

Sudibya, Bagus. 2018. Wisata Desa dan Desa Wisata. Bali Membangun Bali: Jurnal Bappeda Litbang, Vol. 1, No. 1: 21 – 25.

Sudrajat. 2016. Peningkatan Partisipasi dan Peran Aktif Masyarakat dalam Pengembangan Usaha Pertanian Lahan Pekarangan di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Indonesian Journal of Community Engagement, Vol. 01, No. 02: 217 – 230.

Tresnawati, Yuni dan Prasetyo, Kurniawan. 2018. Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner kika’s Catering di Media Sosial. PRofesi Humas, Vol. 3, No.1: 102 – 119.

Wahyuningtyas, Neni, Ratnawati, Nurul, dan Idris. 2021. Pemberdayaan Pokdarwis Desa Kemloko dalam Pengembangan Desa Wisata Melalui Pelatihan Bahasa Inggris for Tourism. Jurnal Widya Laksana, Vol. 10, No. 1: 86 – 93.

Widiastini, Ni Made Ary, Prayudi, Made Aristia, Rahmawati, Putu Indah, dan Dantes, Gede Rasben. 2020. Pelatihan Pembuatan Virtual Tour bagi Kelompok Sadar Wisata Desa Sidatapa, Kabupaten Buleleng, Bali. Bakti Budaya, Vol. 3, No. 2: 116 – 131.

Zadek, Zrinka & Rudan, Elena. 2019. In Search for New Experiences – The way to Creative Tourism Development. International Journal of Euro-Mediterranean Studies, Vol. 12, No. 2: 3 – 20.

Diterbitkan

2022-08-31

Terbitan

Bagian

Articles