IMPLEMENTASI SPORT SCIENCE DALAM PENANGANAN CEDERA DI PERGURUAN SILAT SATRIA MUDA INDONESIA UNIT PANJI ANOM

Penulis

  • Ketut Chandra Adinata Kusuma
  • Luh Putu Tuti Ariani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Muliarta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v12i1.48804

Kata Kunci:

pelatihan, cedera, sport science, pencak silat

Abstrak

Cedera olahraga merupakan salah satu faktor penghambat atlet untuk meningkatkan performa maupun mencapai prestasi tertinggi. Pencak silat merupakan olahraga bela diri dengan karakteristik full body contact, berpotensi menimbulkan cedera bagi atletnya. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang penanganan cedera olahraga kepada atlet Perguruan Silat Satria Muda Indonesia (PS SMI) Unit Panji Anom yang berbasis sport science. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini diawali proses pemberian materi secara teoritis, dilanjutkan memberikan pendampingan penanganan cedera, dan diakhiri dengan proses evaluasi menggunakan instrumen unjuk kerja untuk mengukur tingkat keterampilan para peserta dalam menangani kasus cedera. Peserta yang terlibat sejumlah 20 pesilat PS SMI Panji Anom. Narasumber yang dihadirkan yaitu salah satu dosen Fakultas Kedokteran Undiksha.  Melalui pelatihan dan pendampingan yang dilakukan oleh narasumber, maka pemahaman dan keterampilan para peserta telah berhasil mencapai nilai dengan rata-rata 89 atau secara individu semua peserta telah meraih nilai di atas 70. Disimpulkan bahwa seluruh peserta telah memiliki pemahaman dalam penanganan cedera menggunakan metode RICE. Diharapkan pasca kegiatan ini, peserta secara konsisten untuk mengimplementasikan penanganan cedera menggunakan metode RICE apabila ditemukan kasus cedera baik saat latihan maupun bertanding.

Referensi

Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. A. (2019). Peridization: Theory and Methodology of Training (J. W. Gibson (ed.); Sixth).

Giri, M. K. W., Nugraha, A., Putra, A., Dharmapala, E., & Setiawan, K. H. (2021). Pelatihan Menu Sehat Seimbang Untuk Diabetes Di Desa Binaan Kerambitan. Jurnal Widya Laksana, 10(2), 197. https://doi.org/10.23887/jwl.v10i2.38966

Handoko, T. H. (2002). Manajemen Personalia dan MSDM. BPFE-UGM.

Hasnimy, A., & Azmin, M. (2011). Mengenalpasti Kecederaan Yang Dialami Oleh Atlet. Journal of Education Social Science, 1(March), 33–42.

Indrawan, G. B., Sari, G. A. G. M., Putri, K. U. D., Handayani Putri, D. P., & Dewi, L. J. E. (2022). Pelatihan Dasar Penggunaan Aplikasi Microsoft Office Dan Paint Di Sekolah Dasar Negeri 1 Umeanyar. Jurnal Widya Laksana, 11(1), 76. https://doi.org/10.23887/jwl.v11i1.34066

Kamil, M. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan. Alfabeta.

Kusuma, K. C. A., Dartini, N. P. D. S., Hidayat, S., & Ariani, L. P. T. (2021). Peningkatan Kemampuan Guiding Pada Pokdarwis Alam Puncak Landep Melalui Pelatihan Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana. Jurnal Widya Laksana, 10(1), 38–43. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jwl.v10i1.28198

Labudasari, E., & Rochmah, E. (2022). Pendampingan Penyusunan Media Pembelajaran Daring Berbasis Digital Bagi KKG Gugus 3 Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 28(1), 9–15. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkm.v28i1.28015

Maffulli, N., Longo, U. G., Gougoulias, N., Caine, D., & Denaro, V. (2011). Sport injuries: A review of outcomes. British Medical Bulletin, 97(1), 47–80. https://doi.org/10.1093/bmb/ldq026

Mahayukti, G. A., Sukajaya, I. N., & Sudiarta, I. G. P. (2022). Penyegaran Materi Ajar Pecahan dan Pendampingan Penggunaan Geogebra Bagi Guru SD Di Desa Gubug Tabanan. Jurnal Widya Laksana, 11(1), 118–127. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jwl.v11i1.38940

Martens, R. (2012). Successful Coaching (Fourth Edi). Human Kinetics.

Noviana, E., Kurniaman, O., Ramadhan, M., Mistina, L., & Novianti, R. (2021). Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengurangi Pencemaran Sampah Plastik Melalui Pelatihan Pembuatan Kokedama. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(3), 252–257. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i3.24391

Prakoso, Y., & Rochmania, A. (2018). Analisis Cedera Olahraga Pencak Silat Dalam Kejuaraan DANDIM-0815 CUP 2018 Mojokerto. Jurnal Prestasi Olahraga, 1(4), 1–10. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1451358

Pribadi, B. A. (2016). Desain Dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi: Implementasi Model ADDIE (Cetakan ke). Prenada Media Grup.

Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2018). Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendampingan Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ( Abdimas) IKIP Siliwangi, 1(1), 17–25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/as.v1i1p17-25.36

Sewell, D., Watkins, P., & Griffin, M. (2012). Sport and Exercise Science. Hodder Education.

Situmorang, H. N., Nursanni, B., & Ulgari, S. (2021). Pelatihan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja kepada siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(3), 204–208.

Timpka, T., Jacobsson, J., Bickenbach, J., Finch, C. F., Ekberg, J., & Nordenfelt, L. (2014). What is a sports injury? Sports Medicine (Auckland, N.Z.), 44(4), 423–428. https://doi.org/10.1007/s40279-014-0143-4

Turere, V. N. (2013). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Pada Balai Pelatihan Teknis Pertanian Kalasey. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 10–19.

Van Den Bekerom, M. P. J., Struijs, P. A. A., Blankevoort, L., Welling, L., Van Welling, C. N., & Kerkhoffs, G. M. M. J. (2012). What is the evidence for rest, ice, compression, and elevation therapy in the treatment of ankle sprains in adults? Journal of Athletic Training, 47(4), 435–443. https://doi.org/10.4085/1062-6050-47.4.14

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan, Pub. L. No. 11 (2022).

Diterbitkan

2023-01-31

Terbitan

Bagian

Articles