PENDAMPINGAN BAHASA INGGRIS BERBASIS BUDAYA LOKAL DI DESA WISATA BANGKA KENDA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v12i1.51979Abstrak
Bahasa dan budaya memiliki hubungan erat, tidak ada performansi ritus budaya tanpa menggunakan bahasa. Performansi aneka ritus budaya, tidak dapat dipisahkan dari kemampuan berbahasa. Kecakapan berbahasa Inggris berimplikasi pada interpretasi makna atas pertunjukkan ritus budaya. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan mendorong peningkatan partisipasi masyarakt desa untuk mampu menarasikan aneka performansi ritus-ritus budaya lokal dalam bahasa Inggris kepada wisatawan dan kesadaran untuk pemertahanan nilai-nilai budaya. Peserta PkM ini berjumlah 30 orang. Pengabdian ini dijalankan di dua tempat, yakni Kapela Kenda dan SDI Kenda selama dua bulan. Ceramah, bermain peran, diskusi kelompok kecil, serta presentasi merupakan pendekatan yang diterapkan untuk mencapai tujuan PkM. Hasilnya mengindikasikan bahwa peserta mampu menjelaskan dalam bahasa Inggris tradisi budaya lokal mereka dan tersedianya teks-teks tertulis untuk sejumlah ritus budaya.
Referensi
Akan, Y., Arslan, I., & Isk, C. (2007). The impact of tourism on economic growth: The case of Turkey. Journal of Tourism, 9, 1-24.
Asoulin, E. (2016). Language as an instrument of thought. Glossa: A Journal of General Linguistics, 1(1), 1–23.
Aulia, V., Maulida, H., Kuzairi, H., & Saputra, I. H. (2017). Pelatihan penggunaan bahasa Inggris untuk pariwisata (English for tourism) bagi siswa SMKN 4 Banjarmasin. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 40-49.
Baydak, A. V., Scharioth, C., & Il’yashenko, I. A. (2015). Interaction of language and culture in the process of international education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 215, 14–18. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.567
Damayanti, L. S. (2019). Peranan keterampilan berbahasa Inggris dalam industri pariwisata. Journey, 2(1), 71-82.
Frans, T. (2017). Pembelajaran bahasa dan sastra sebagai penguatandan pemertahanan nilai-nilai lokal. Jurnal Tahuri, 14(2), 8-17.
Janusheva, V., & Neshkovska, S. (2018). Semantic formulas for expressing condolences in the Macedonian language : An intercultural study. European Journal of Literature, Language and Linguistics Studies, 2(2), 85–103. https://doi.org/10.5281/zenodo.1241190
Jibreen, M. K. (2010). The speech act of greeting: A theoretical reading. Journal of Kerbala University, 8(1), 1-25.
Kramsch, C. (2014). Language and culture. AILA Review, 27, 30–50. https://doi.org/10.1075/aila.27.02kra
Mazari, A., & Derraz, N. (2015). Language and culture. International Journal of Humanities and Cultural Studies, 2(2), 350–359.
Menggo, S. (2017). Budaya lonto léok dalam kemampuan berbicara bahasa Inggris. The First International Conference on Language, Literature and Teaching. Hal. 722-730. ISSN 2549-5607. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.
Menggo, S., Jem, Y. H., Fatmawati, F. (2022). Analisis kebutuhan kompetensi bahasa Inggris untuk pengembangan desa wisata Bangka Kenda (Unpublished paper). Ruteng: Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus.
Mengo, S., Ndiung, S., & Midun, H. (2022). Integrating 21st-century skills in English material development: What do college students really need? Englisia: Journal of Language, Education, and Humanities, 9(2), 165-186. https://doi.org/10.22373/ej.v9i2.1088
Menggo, S., Su, Y. R., & Taopan, R. A. (2022). Pelatihan bahasa Inggris pariwisata di desa wisata Meler. Jurnal Widya Laksana,11(1),85-97. https://doi.org/10.23887/jwl.v11i1.34908
Menggo, S., Ndiung, S., & Pandor, P. (2021). Strengthening students character with local cultural metaphors: Messages exploration from tiba meka dance. Lingua Cultura, 15(2), 135–143. https://doi.org/10.21512/lc.v15i2.7340
Muryadi, A. D. (2017). Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah PENJAS, 3(1), 1-16.
Ndiung, S., Menggo, S., Jediut, M., Sennen, E., & Helmon, A. (2020). Pelatihan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran model 1 lembar versi Menteri Nadiem bagi guru sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 963-973. https://doi.org/10.30653/002.202054.472
Ndiung, S., & Bayu, G. W. (2019). Ritus tiba meka orang Manggarai dan relevansinya dengan nilai-nilai karakter. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2),14-21.
Novika, H., & Rosaria, D. (2017). Mengajarkan self introduction dengan menggunakan metode permainan. Jurnal Al-Ikhlas, 3(1), 46-49.
Pandor, P. (2015). Menyibak praksis lonto léok dalam demokrasi lokal Manggarai dalam Armada Riyanto, dkk. Kearifan Lokal Pancasila: Butir-butir Filsafat Keindonesiaan. Yogyakarta: Kanisius.
Sabon, V. L., Perdana, M. T. P., Koropit. P, C, S., & Pierre, W. C. D. (2018). Strategi peningkatan kinerja sektor parawisata Indonesia pada Asean Economic Community. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 8(2),163 -176. https://doi.org/10.15408/ess.v8i2.5928
Semiun. A. (2013). The functions of politeness marker “IO” in Manggarai language: Kempo speech. Liceo Journal of Higher Education Research, 9(1), 134-152.
Suweta, I. M. (2019). Eksistensi dan pemertahanan bahasa Bali sebagai budaya lokal. Purwadita, 3(1), 1-10.
Wangi, W., & Napisah, S. (2020). Pelatihan English for young learners di “Kampoeng Batara”, Kalipuro, Banyuwangi. Jurnal Widya Laksana, 9(1), 111-119.
Waskito, S. B., Susilorini., & Sugiarti, R. (2016). Penguatan Peran dan Peningkatan Kompetensi Pemandu Wisata Lokal di Kraton Surakarta Hadiningrat. Cakra Wisata, 7(1), 58-67.
Widyastuti, U., & ES, D. P. (2015). Evaluasi pelatihan (training) level II berdasarkan teori the four levels Kirkpatrick. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 3(2), 119-128. https://doi.org/10.21009/JPEB.003.2.1
Yuniarti, D., & Lingga, L. (2019). Pengaruh pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja guru pada SMK Negeri 1 Muntok. Efektor, 6(1), 98 – 106. http://doi.org/10.29407/e.v6i1.12794
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)