Pelaksanaan Pelatihan Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Literasi Digital Guru-guru Sekolah Dasar di Kecamatan Simo Boyolali Jawa Tengah
Kata Kunci:
Canva, Literasi Digital, Pembelajaran SDAbstrak
Kemampuan literasi digital guru masih kurang, khususnya dalam memanfaatkan platform pembelajaran belum maksimal dan kreatif. Dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi digital guru-guru sekolah dasar di Kecamatan Simo Boyolali, dilaksanakan pelatihan salah satu aplikasi yaitu Canva pada 25 guru-guru sekolah dasar. Aplikasi tersebut merupakan layanan untuk membuat konten pembelajaran seperti infografis, poster, banner, presentasi yang dapat membantu proses pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Tujuan dari pelatihan adalah untuk meningkatkan literasi digital, khususnya dalam pengoperasian aplikasi canva sebagai media pembelajaran di kelas, untuk mendukung proses pembelajaran lebih interaktif. Pendekatan yang digunakan dalam pelatihan menggunakan pendekatan klasikal dengan metode ceramah, praktek dan pemberian tugas. Evaluasi mengukur keberhasilan pelatihan menggunakan lembar observasi dan rubrik penilaian. Hasil yang telah dicapai melalui pelatihan ini pertama, peningkatan kemampuan literasi digital guru cukup baik, yang terdiri dari aspek; kemampuan melakukan pencarian sumber di internet 85%, kemampuan menggunakan hypertext, hyperlink, 73%, kemampuan menggunakan aplikasi 70%, kemampuan berkomunikasi menggunakan teknologi digital, 83%). Kedua, kreativitas dalam menggunakan teknologi digital seperti membuat media ajar sangat baik, 80%. Secara keseluruhan disimpulkan, pelatihan ini berhasil dengan baik dapat meningkatkan kemampuan literasi digital para guru dengan rata- rata keberhasilan 78,2%. Implikasi dari pelatihan ini adalah meningkatnya kemampuan dan kreatifitas guru -guru dalam merancang dan menggunakan aplikasi Canva, untuk menciptakan pembelajaran lebih interaktif.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)