Pelaksanaan Pelatihan Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Literasi Digital Guru-guru Sekolah Dasar di Kecamatan Simo Boyolali Jawa Tengah

Penulis

  • Jenny Indrastoeti Siti Poerwanti Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Sri Marmoah Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Canva, Literasi Digital, Pembelajaran SD

Abstrak

Kemampuan literasi digital guru masih kurang, khususnya dalam memanfaatkan platform pembelajaran belum maksimal dan kreatif. Dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi digital guru-guru sekolah dasar di Kecamatan Simo Boyolali, dilaksanakan pelatihan salah satu aplikasi yaitu Canva pada 25 guru-guru sekolah dasar. Aplikasi tersebut merupakan layanan untuk membuat konten pembelajaran seperti infografis, poster, banner, presentasi yang dapat membantu proses pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Tujuan dari pelatihan adalah untuk meningkatkan literasi digital, khususnya dalam pengoperasian aplikasi canva sebagai media pembelajaran di kelas, untuk mendukung proses pembelajaran lebih interaktif. Pendekatan yang digunakan dalam pelatihan menggunakan pendekatan klasikal dengan metode ceramah, praktek dan pemberian tugas. Evaluasi mengukur keberhasilan pelatihan menggunakan lembar observasi dan rubrik penilaian. Hasil yang telah dicapai melalui pelatihan ini pertama, peningkatan kemampuan literasi digital guru cukup baik, yang terdiri dari aspek; kemampuan melakukan pencarian sumber di internet 85%, kemampuan menggunakan hypertext, hyperlink, 73%, kemampuan menggunakan aplikasi 70%, kemampuan berkomunikasi menggunakan teknologi digital, 83%). Kedua, kreativitas dalam menggunakan teknologi digital seperti membuat media ajar sangat baik, 80%. Secara keseluruhan disimpulkan, pelatihan ini berhasil dengan baik dapat meningkatkan kemampuan literasi digital para guru dengan rata- rata keberhasilan 78,2%. Implikasi dari pelatihan ini adalah meningkatnya kemampuan dan kreatifitas guru -guru dalam merancang dan menggunakan aplikasi Canva, untuk menciptakan pembelajaran lebih interaktif.

Diterbitkan

2024-12-28

Terbitan

Bagian

Articles