PENDIDIKAN DAN LATIHAN PEMBELAJARAN PECAHAN BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR GUGUS V KECAMATAN KUBU
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v6i1.9285Abstrak
Telah dilakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat (P2M) dalam bentuk pendidikan dan latihan pembelajaran pecahan bagi guru-guru SD Gugus V Kecamatan Kubu. Kegiatan yang dilakukan dibagi dalam dua sesi yaitu sesi 1 berupa Pemantapan materi ajar pecahan serta strategi pembelajarannya dan sesi 2 berupa latihan dan diskusi. Diklat dipandu langsung oleh tim pengabdian. Secara keseluruhan kegiatan telah berlangsung dengan baik dan berhasil meningkatkan pemahaman materi ajar pecahan dan strategi pembelajarannya bagi guru-guru SD Gugus V Kecamatan Kubu. Hal ini dapa dilihat dari persentase kehadiran peserta sebesar 92% dan seluruhnya secara penuh mengikuti diklat serta dari peningkatan persentase penguasaan materi diklat dari 33% menjadi 81%. Peserta juga menanggapi positif terhadap pelaksanaan diklat dengan persentase skornya sebesar 88,36%.
Referensi
Mahayukti, G. A. dkk. 2009. Pemantapan Materi Ajar Matematika bagi Guru-guru Sekolah Dasar di Gugus 2 dan 4 Kecamatan Tabanan. Laporan P2M (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha
Peraturan Menteri Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Guru
Pujiati dan Agus S. 2011. Pembelajaran FPB dan KPK di SD. Yogyakarta: P4TK Matematika
Pujiati dan Sigit TG. 2009. Pembelajaran Pengukuran Luas Bangun datar dan Volum bangun Ruang di SD. Yogyakarta: P4TK Matematika
Sukayati dan Agus. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Matematika dalam Pembelajaran di SD. Yogyakarta: P4TK Matematika
Sukayati dan Marfuah. 2009. Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian dan pembagian Pecahan di SD. Yogyakarta: P4TK Matematika
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)