Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK PENULISAN ARTIKEL 

  1. Artikel yang ditulis dalam Jurnal Wahana Matematika dan Sains merupakan hasil penelitian atau kajian pustaka dalam bidang MIPA atau pendidikan MIPA yang belum pernah atau tidak dalam sedang proses untuk dipublikasikan pada jurnal lain.
  2. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia/Inggris. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak disertai dengan kata kunci. Panjang abstrak maksimum 200 kata. Naskah diketik dengan pengolah kata MS Word, huruf Times New Roman, ukuran font 12, spasi 1,5 dan dicetak pada kertas A4 dengan margin kiri 3 cm, atas, kanan, dan bawah 2 cm. Judul ditulis dengan huruf kapital dan dicetak tebal (Bold). Panjang naskah antara 10 hingga 20 halaman.
  3. Sistematika penulisan artikel mengikuti urutan sebagai berikut.

Artikel hasil penelitian:

Judul (judul Bahasa Indonesia maksimum 12 kata atau judul Bahasa Inggris maksimum 10 kata)

Nama (tanpa gelar, memuat jurusan, fakultas, institusi asal, dan email)

Abstrak (ditulis dalam 1 paragraf dan 1 spasi, memuat tujuan, metode penelitian, hasil penelitian,dan simpulan, disertai dengan 2-5 kata kunci)

Pendahuluan (memuat paparan perkembangan terkini bidang ilmu yang diteliti yang argumentasinya didukung oleh hasil kajian pustaka primer dan mutakhir, paparan kesenjangan, dan paparan tujuan penelitian).

Metode (memuat memuat rancangan penelitian, subjek atau populasi, objek atau sampel, variabel penelitian, prosedur pengumpulan data, instrumen penelitian, dan teknik analisis data, hindari definisi-definisi yang dikutip dari buku, desain penelitian dan uji statistik yang sudah menjadi pengetahuan umum tidak perlu ada sumber yang dirujuk, tidak perlu menuliskan rumus-rumus statistik (cukup ditulis statistik apa yang digunakan).

Hasil dan Pembahasan

Hasil (memuat hasil analisis data dan dipaparkan secara berurutan atau terpadu, sedapat mungkin disajikan dalam bentuk tabel/grafik/gambar, tabel/grafik/gambar tidak berisi data mentah yang masih dapat diolah, tidak perlu mendeskripsikan hasil yang sudah disajikan dalam tabel/ gambar/grafik). Pembahasan (memuat pemberian makna secara substansial terhadap hasil analisis dan perbandingan dengan temuan-temuan sebelumnya berdasarkan hasil kajian pustaka yang relevan, mutakhir dan primer, perbandingan tersebut sebaiknya mengarah pada adanya perbedaan dengan temuan penelitian sebelumnya sehingga berpotensi untuk menyatakan adanya kontribusi bagi perkembangan ilmu, tidak dibenarkan mendeskripsikan hasil penelitian secara panjang lebar)

Penutup (memuat temuan penelitian sebagai sintesis antara hasil analisis data dan hasil pembahasan, lebih menonjolkan hal-hal yang baru yang memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu, hindari penggunaan istilah teknis statistik dan metodologi penelitian, tidak dibuat dalam bentuk pointer-pointer, melainkan dalam bentuk narasi, tidak perlu menyajikan angka-angka dalam simpulan ini)

Ucapan Terima Kasih (bila ada)

Daftar Pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk)

Artikel kajian pustaka:

Judul (judul Bahasa Indonesia maksimum 12 kata atau judul Bahasa Inggris maksimum 10 kata)

Nama (tanpa gelar, memuat institusi asal, alamat, dan email)

Abstrak (ditulis dalam 1 paragraf dan 1 spasi, memuat tujuan dan gagasan atau temuan teoritik, disertai dengan 2-5 kata kunci)

Pendahuluan (memuat latar belakang masalah, tujuan atau rumusan masalah)

Pembahasan (memuat pembahasan terhadap gagasan atau ide yang dapat dibuat dalam bentuk pointer-pointer)

Penutup (memuat simpulan dan saran yang dibuat sebagai satu kesatuan)

Daftar Pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk)

  1. Tabel dan gambar diberi nomor dan judul. Judul tabel dan gambar ditulis dengan ukuruan font 10, spasi tunggal. Tabel hanya menggunakan garis mendatar pada bagian judul kolom dan bagian akhir tabel. Gambar menggunakan file jpg atau tiff.
  2. Daftar pustaka paling sedikit 10 dengan 8 diantaranya merupakan artikel dari jurnal internasional bereputasi atau jurnal nasional terakreditasi. Daftar pustaka ditulis menggunakan kaidah penulisan APA.

Naskah ditulis dalam Microsoft Word 97-2003 dan dikirimkan melalui laman ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Creative Commons License
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.