PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TRIGONOMETRI DENGAN MODEL INKUIRI BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA

Authors

  • Made Juniantari

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v11i1.11761

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memperoleh bahan ajar trigonometri dengan model inkuiri berorientasi pendidikan karakter yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Ganesha. Bahan ajar yang dikembangkan mengikuti prosedur pengembangan produk dari Plomp yang meliputi lima tahap yaitu: (1) investigasi awal; (2) desain; (3) realisasi/konstruksi; (4) tes, evaluasi, dan revisi; dan (5) implementasi. Namun, penelitian ini dilaksanakan sampai pada tahap keempat sehingga hasilnya hanya sampai mendapatkan prototipe final suatu bahan ajar melalui tahap implementasi terbatas. Tahap implementasi secara luas tidak dapat dilaksanakan karena keterbatasan waktu penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Hal ini terlihat dari rata-rata skor pendapat validator, rata-rata skor lembar pengamatan keterlaksanaan bahan ajar, rata-rata skor angket respons mahasiswa, rata-rata skor angket respons dosen, dan hasil uji coba lapangan. Hasil uji coba pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini menunjukkan sikap belajar mahasiswa yang positif sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang dapat dilihat dari rata-rata skor tes kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Bahan ajar trigonometri dengan model inkuiri berorientasi pendidikan karakter. Selain itu, bahan ajar yang telah berhasil dikembangkan dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman bagi peneliti lain untuk mengembangkan bahan ajar sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang diterapkannya baik dari segi prosedur pengembangan maupun proses untuk melihat kualitas bahan ajar.

Downloads

Published

2017-08-25

Issue

Section

Articles