KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PROBLEM SOLVING DAN REASONING DENGAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR

Authors

  • Ni Nyoman Ayu Septiana Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Denpasar
  • Frieda Nurlita Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Redhana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v11i1.11843

Keywords:

model pembelajaran problem solving dan reasoning, model problem-based learning, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil belajar siswa yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran problem solving dan reasoning (PSR) dengan siswa yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran problem-based learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen menggunakan nonequivalent pre-test post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 dan kelas XI MIA 4 yang masing-masing terdiri atas 27 orang siswa. Kelas XI MIA 2 diajar menggunakan model pembelajaran problem solving dan reasoning, sedangkan kelas XI MIA 4 diajar menggunakan model pembelajaran problem-based learning. Data skor hasil belajar siswa dianalisis dengan statistik anakova pada taraf signifikansi 5%. Skor pretes kelas XI MIA 2 adalah 14,17 dan skor postesnya adalah 82,59. Skor pretes kelas XI MIA 4 adalah 13,29 dan skor postesnya adalah 82,13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran problem solving dan reasoning dengan menggunakan model pembelajaran problem-based learning. Dengan kata lain, model pembelajaran problem solving dan reasoning dan model pembelajaran problem-based learning sama-sama mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi termokimia.

Author Biography

Frieda Nurlita, Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

References

Amir, M. F. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arends, R. (2004). Learning To Teach. 6th Ed. New York: McGraw-Hill Co.Inc.

Dewi, N. L. S. P. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Kimia. Skripsi tidak dipublikasikan. Singaraja: Jurusan Pendidikan Kimia Universitas Pendidikan Ganesha.

Fathan, F., Liliasari, & Rohman, I. (2013). Pembelajaran Kesetimbangan Kimia dengan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Hasil belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 1(1), 76-83.

Firmansyah, F., Ariani, S. R. D., & Martini, K. S. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kimia dengan Metode Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kemampuan Matematik Siswa Materi Pokok Termokimia Kelas XI Semester Gasal SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(3), 49-56.

Ginting, F. N. (2013). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa pada Pokok Bahasan Termokimia di SMA Swasta Eria Medan Tahun 2012/2013. Skripsi tidak dipublikasikan. Medan: Universitas Negeri Medan.

Hidayat, S. (2011). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa pada Konsep Termokimia. Skripsi tidak dipublikasikan. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Krulik, S. & Rudnick, J. A. (1996). The New Sourcebook for Teaching Reasoning and Problem Solving in Junior and Senior High School. Boston: Allyn and Bacon.

Nitko, A. J. (1996). Educational Assesment of Students. 2nd ed. New Jersey: Prentice Hall.

Permendikbud No 81a Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.

Santyasa, I W. (5-9 Oktober 2004). Model Problem Solving dan Reasoning sebagai Alternatif Pembelajaran Inovatif. Disajikan dalam Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) V.

Santyasa, I W. (29 Juni s.d 1 Juli 2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Disajikan dalam Pelatihan tentang Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru-Guru SMP dan SMA di Nusa Penida.

Sari, N. K. D. R. (2013). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Termokimia di SMA Negeri 1 Sukawati. Skripsi tidak dipublikasikan. Singaraja: Jurusan Pendidikan Kimia Universitas Pendidikan Ganesha.

Sari, P. D. P. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Reasoning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tabanan Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi tidak dipublikasikan. Singaraja: Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Ganesha.

Septiani, R. N., Saptorini, & Saputro, S. H. (2012). Model Pembelajaran Reasoning and Problem Solving Berbantuan Inquiry Training. Artikel, 2 (1), 56-61.

Downloads

Published

2017-08-25

Issue

Section

Articles