PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN COLLABORATIVE LEARNING MODEL

Authors

  • Ni Komang Ari Damayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Suarsana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Pasek Suryawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v11i1.11845

Keywords:

Collaborative Learning Model, Literasi Matematika, Tanggapan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika (level 3) siswa kelas VIII E SMP Negeri 5 Singaraja dan mengetahui bagaimana tanggapan siswa terhadap penerapan Collaborative Learning Model. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan subjek sebanyak 30 orang siswa kelas VIII E SMP Negeri 5 Singaraja. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Data kemampuan literasi matematika (level 3) siswa diukur dengan menggunakan tes literasi matematika (level 3) berbentuk soal uraian dan data tanggapan siswa diukur dengan angket tanggapan siswa. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan kemampuan literasi matematika (level 3) siswa mengalami peningkatan dari sebelum tindakan yaitu dengan persentase ketuntasan 0% menjadi 60% sesudah tindakan pada akhir siklus III. Tanggapan siswa terhadap penerapan Collaborative Learning Model dalam pembelajaran matematika tergolong sangat positif yaitu sebesar 51,4 dari skor maksimal 60. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Collaborative Learning Model dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII E SMP Negeri 5 Singaraja.

References

Brodie, K. 2010. Teaching Mathematical Reasoning in Secondary School Classrooms. LLC. Springer Science+Business Media.

Candiasa. 2010b. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.

OECD .2003e. The PISA 2003 Assessment Framework – Mathematics, Reading, Science and Problem Solving Knowledge and Skills. USA: OECD-PISA.

_______. 2009. PISA 2009 Assesmen Framework: Key Competencies in Reading, Mathematics, and Science. USA: OECD-PISA.

_______. 2010. PISA 2009 Result: What Students Know ang Can Do – Student Performance in Reading Mathematics and Science. USA: OECD-PISA

Dennen, V. P. 2000. Task Structuring for On-line Problem Based Learning: A Case Study. San Diego: San Diego State University.

Pulungan, D. A. 2014. Pengembangan Instrumen Tes Literasi Matematika Model Pisa. Tesis (tidak diterbitkan). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sato, M. 2012. Dialog dan Kolaborasi di Sekolah Menengah Pertama Praktek “Learning Community” (Edisi Ketiga). PELITA

Setiawan, H., dkk. 2014. Soal Matematika dalam Pisa Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jember: Universitas Jember.

Susilawati. 2004. Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Konstektual untuk Menumbuhkembangkan Kompetensi Strategis Siswa SLTP. Skripsi (tidak diterbitkan). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2017-08-25

Issue

Section

Articles