PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MODEL PEMBELAJARAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH (MP3M) BERORIENTASI MASALAH TERBUKA

Authors

  • I Putu Pasek Suryawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v8i1.11851

Keywords:

perangkat pembelajaran matematika, MP3M, masalah terbuka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh perangkat pembelajaran matematika untuk MP3M berorientasi masalah terbuka yang valid, praktis, dan efektif bagi siswa SMP kelas VII. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa buku siswa, buku petunjuk guru, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Validitas, kepraktisan, dan keefektivan perangkat pembelajaran didasarkan atas pendapat validator, respons guru dan siswa, dan hasil uji coba lapangan.  Pengembangan perangkat pembelajaran tersebut mengikuti prosedur pengembangan produk dari Plomp yang meliputi lima tahap yaitu: (1) investigasi awal; (2) desain; (3) realisasi/konstruksi; (4) tes, evaluasi, dan revisi; dan (5) implementasi. Namun, penelitian ini dilaksanakan sampai pada tahap (4) sehingga hasilnya hanya sampai mendapatkan prototipe final suatu perangkat pembelajaran yang siap diimplementasikan. Tahap implementasi tidak dilaksanakan karena keterbatasan yang ada pada peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan keefektivan yang diharapkan. Hasil uji coba pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini menunjukkan aktivitas siswa yang tinggi sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, disarankan agar pembelajaran matematika di SMP kelas VII menggunakan perangkat pembelajaran matematika untuk MP3M berorientasi masalah terbuka. Selain itu, perangkat pembelajaran yang telah berhasil dikembangkan dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman bagi guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang diterapkannya baik dari segi prosedur pengembangan maupun proses untuk melihat kualitas perangkat pembelajaran.

References

Ardana, I. M. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Bewawasan Konstruktivis Berorientasi Gaya Kognitif dan Budaya Siswa. Disertasi (tidak diterbitkan). Surabaya: UNESA.

Depdiknas. 2006. Permen 22 Th.2006-Standar Isi, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Matematika SMA-MA. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Diknas.

Depdiknas. 2007. Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika. Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan.

Krulik, S. & Rudnick, J. A. 1996. The New Sourcebook For Teaching Reasoning and Problem Solving in Junior and High School. Boston: Allyn and Bacon.

Nieveen, N. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. Jan Van den Akker, Robert Maribe Braneh, Ken Gustafson, and Tjeerd Plomp (Ed), London: Kluwer Academic Plubishers.

Parwati, N. N. 2006. Implementasi Model Pembelajaran Reasoning and Problem Solving Berbasis Open ended Problem Untuk Meningkatkan Kompetensi Penalaran Dan Komunikasi Matematik Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja. Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Pendidikan Ganesha.

Ruseffendi, E. T. 1991. Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini Untuk Guru dan SPG. Bandung: Tarsito.

Santyasa, I. W. 2004. “Model Problem Solving dan Reasoning sebagai Alternatif Pembelajaran Inovatif”. Makalah disajikan dalam Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) V, IKIP Negeri Singaraja. Surabaya, 5 - 9 Oktober 2004.

Shadiq, F. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Soedjadi, H. 2004. PMRI dan KBK dalam Era Otonomi. Buletin PMRI Edisi III. Bandung.

Sudiarta, I. G. P. 2005. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berorientasi Pemecahan Masalah Open Ended, Jurnal Pendidikan danPengajaran IKIP Negeri Singaraja, Edisi Oktober 2005.

Sudiarta, I. G. P. 2008. Membangun Kompetensi Berpikir Kritis Melalui Pendekatan.

Downloads

Published

2017-08-26

Issue

Section

Articles