METODE GASING BERSETING SIKLUS BELAJAR MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Authors

  • A. E. Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Artawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v8i1.11852

Keywords:

Metode Gasing, siklus belajar 7E, sikap ilmiah, dan kemampuan pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah dan kemampuan pemecahan masalah serta mendeskripsikan tanggapan siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 39 orang siswa kelas XI MIA5 SMA Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015. Instrumen penelitian berupa lembar observasi sikap ilmiah, tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket tanggapan. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata sikap ilmiah siswa pada siklus I sebesar 80,0 dengan ketuntasan klasikal 87,2% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,4 dengan ketuntasan klasikal 100%, (2) nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I sebesar 81,2 dengan ketuntasan klasikal 87,2% dan pada siklus II meningkat menjadi 83,6 dengan ketuntasan klasikal 97,2%, (3) tanggapan siswa terhadap implementasi metode Gasing dengan setting siklus belajar 7E berada pada kategori positif.

References

Astawan, I G., & Mustika, I W. 2013. Meningkatkan aktivitas dan kemampuan memecahkan masalah melalui pembelajaran kuantum teknik fisika Gasing. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Jilid 46 (2). 136-144.

Dewi, N. P. S. R. 2012. Pengaruh model siklus belajar 7E terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses siswa SMA Negeri 1 Sawan. Artikel Tesis. Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Faizah, S. R. 2012. Efektivitas penggunaan strategi pembelajaran Gasing (gampang, asyik, dan menyenangkan) terhadap hasil belajar peserta didik MAN 1 Purwodadi pada mata pelajar-an fisika kelas X materi pokok gerak. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Khoir, B. N.; Suwasono, B. & Sumarjono. TT. Pengaruh model pembelajaran learning cycle 7e terhadap prestasi belajar fisika dan sikap ilmiah siswa kelas X SMAN 7 Malang. Artikel Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Lokan, S., & Markus, I M. 2012. Pembelajaran fisika tanpa rumus: Efektivitas penerapannya di Sekolah Lentera Internasional. A Journal of Language Literature Culture and Education. 6 (1): 38-50.

Natiqoh, U. 2013. Efektivitas metode Gasing menggunakan lembar kerja siswa terhadap hasil belajar fisika kelas VII SMP Negeri 13 Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Skripsi. IKIP PGRI Semarang..

Opas,N.K.,Suksringarm, P., & Singseewo. 2009. Effect of environmental education learning by using the 7Es learning cycle with multiple intelligence and teacher’s handbook approaches on learning achievement, critical thinking and integrated science process skills of high school (grade 10) students. Pakistan Journal of Sosial Science. 6(5): 292-296.

Putra, A. E. 2012. Pengaruh strategi problem solving terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tabanan tahun pelajaran 2011/2012. Skripsi (Tidak diterbitkan). Universitas Pendidikan Ganesha.

Selcuk, G. S., Caliskan, S., & Erol, M. 2008. The effects of problem solving instruction on physics achievment, problem solving performance and strategy use. Latin American Journal of Physics Education. 2(3). 151-166.

Suciati, N. N. A., Arnyana, I. B. P., & Setiawan, I G. A. N. 2014. Pengaruh model pembelajaran siklus belajar hipotetik deduktif dengan setting 7E terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari sikap ilmiah siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA.

Susilawati, K., Adnyana, B., Swasta, I. B. J. 2014. Pengaruh model siklus belajar 7E terhadap pemahaman konsep biologi dan sikap ilmiah siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4 (2014).

Downloads

Published

2017-08-26

Issue

Section

Articles