IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PERUBAHAN KONSEPTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMKN 3

Authors

  • P. Hari Sudewa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Suma Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewi Oktofa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v8i1.11853

Keywords:

hasil belajar, miskonsepsi, model pembelajaran perubahan konseptual

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan penurunan persentase siswa yang mengalami miskonsepsi, (2) meningkatkan hasil belajar fisika, dan (3) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran perubahan konseptual dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ.2 SMK Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 28 orang. Data miskonsepsi dikumpulkan dengan tes miskonsepsi di awal dan akhir setiap siklus, data hasil belajar fisika dikumpulkan dengan tes hasil belajar fisika di akhir setiap siklus dan tanggapan siswa dikumpulkan dengan kuesioner di akhir siklus 2. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) terjadi penurunan persentase miskonsepsi yang dialami siswa (rata-rata penurunan persentase miskonsepsi siklus 1 = 60,7 %, siklus 2 = 83,9 %); 2) terjadi peningkatan hasil belajar fisika siswa (Msiklus 1= 68,6 berkategori cukup, KK = 68%; Msiklus 2 = 75,0 berkategori baik, KK = 85,7%); dan (3) Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran perubahan konseptual berkategori positif ( M = 80,3).

References

Ardhana, W., Purwanto, K. L., & Santyasa, I W. 2004. Implementasi pembelajaran inovatif untuk pemahaman dalam belajar fisika di SMU. Jurnal Ilmu Pendidikan. 11(2). 152-168.

Aufschnaiter, C & Rogge, C. 2010 Misconception or missing conception? Jurnal of Mathematics, Science & Technology Education, 6(1), 3-18. Terdapat pada http://www.ejmste.com/v6n1/ eurasia_v6n1.pdf. Diakses tanggal 3 September 2010.

Dahar, R. W. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Pabuçcu, A. & Geban, Ö. 2006. Remediating misconceptions concerning chemical bonding through conceptual change text. H.U. Journal of Education, 30. pp. 184 – 192. Terdapat pada http://www.ejmste.com/ 30pp / eurasia_30pp.pdf. Diakses tanggal 3 September 2010.

Santyasa, I W. 2004 Pengaruh model dan seting pembelajaran terhadap remediasi miskonsepsi, pemahaman konsep, dan hasil belajar siswa pada siswa SMU. Disertasi (tidak diterbitkan). Universitas Negeri Malang.

Santyasa, I W. 2008. Pengembangan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika bagi siswa SMA dengan pemberdayaan model perubahan konseptual berseting investigasi kelompok. Laporan penelitian (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudjana, N. 2004. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suparno, P. 2005. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Yogyakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Suparta, I M. 2012. Penerapan model pembelajaran perubahan konseptual berseting group investigation untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kinerja ilmiah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Kediri. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Ganesha.

Widiarini, Putu. 2010. Penerapan model pembelajaran perubahan konseptual sebagai upaya remediasi miskonsepsi, meningkatkan pemahaman konsep, dan prestasi belajar fisika siswa kelas X2 SMA Negeri 1 Seririt tahun pelajaran 2009/2010. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Ganesha

Downloads

Published

2017-08-26

Issue

Section

Articles