PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBANTUAN MASALAH TERBUKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

Ni Wayan Sunita, Gede Suweken, I Gusti Putu Sudiarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran discovery berbantuan masalah terbuka terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari adversity quotient.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan faktorial 2 2 yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sukawati dengan melibatkan sampel sebanyak 60 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner adversity quotient dan tes pemecahan masalah. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji Anava dua jalur. Hasil penelitian ini adalah: (1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti strategi pembelajaran discovery berbantuan masalah terbuka lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti strategi pembelajaran discovery; (2) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memiliki adversity quotient tinggi lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memiliki adversity quotient rendah; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran discovery dan adversity quotient terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Sehubungan dengan temuan penelitian ini, disarankan agar strategi pembelajaran matematika discovery berbantuan masalah terbuka lebih dikembangkan sebagai salah satu inovasi dalam pembelajaran matematika.

Keywords


strategi pembelajaran discovery; masalah terbuka; kemampuan pemecahan masalah matematika; adversity quotient

Full Text:

PDF

References


Asep Jihad dan Abdul Haris. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Asrori, M. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Bell, Frederick H. 1981. Teaching and Learning Mathematic (In Secondary Schools). The United States of America : Wm. C. Brown Company.

Candiasa, I Md. 2010 . Statistika Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Dantes, N . Kerangka Dasar Pendidikan Kuantitatif. Makalah, disampaikan pada seminar metode penelitian di Universitas Hindu Indonesia tanggal 29 Juli 2009 di Denpasar.

Dantes, N. 2007. Analisis Varians. Universitas Pendidikan Ganesha.

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Kariasa. 2010. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Disertai Penilaian Unjuk Kerja Terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau dari Kuriositas Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Nusa Penida. Tesis Singaraja. Program Pasca Sarjana Undiksha Kerlinger. 1990. Asas-asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mulyasa. 2006. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

NCTM (National Council of Teachers of Mathematics). 1989. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. VA.

NCTM (National Council of Teachers of Mathematics). 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, Virginia.

Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudiarta. 2013. Pembelajaran Matematika Inovatif. Singaraja.

Sugiono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV Alfa Beta.

………..2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuliatatif dan R & D. Bandung: CV Alfa Beta.

Suherman, dkk. (2001). Common TexBook Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung.

Stoltz, P G. 2007. Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Alih bahasa t hermaya. Adversity Quotient: Turning Obstacles Into Opportunities. 1997. Jakarta : Grasindo.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivis. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Panduan Umum Pengembangan Silabus. 2008. Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. 2005. Jakarta : Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomer 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian Pendidikan .Jakarta : Depdiknas.

Wahyuni, S. 2005. Pengaruh Model Pembelajaran Koopertif STAD Terhadap Pemahaman Konsep Matematika SMP Negeri 1 Jember. Laporan Penelitian Tahap II. Bandung : UPI.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/wms.v11i2.12588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diindeks oleh:








Flag Counter
 

 

View My Stat