PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS BERBANTUAN PERTANYAAN-PERTANYAAN PEMBIMBING DAN PROGRAM MATHEMATICA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PERKULIAHAN KALKULUS INTEGRAL
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v8i2.12634Keywords:
pertanyaan-pertanyaan pembimbing, program mathematica, kooperatif TPSAbstract
Temuan yang diperoleh dalam perkulihaan di jurusan Pendidikan Matematika khususnya pembelajaran Kalkulus Integral menunjukkan bahwa secara kuantitatif hasil belajar Kalkulus Integral selama tiga tahun terakhir masih rendah. Proses pembelajaran yang dilakukan dosen di kelas perlu diperbaiki. Hal ini diantaranya ditunjukkan oleh a) mahasiswa pasif, tidak siap dalam perkuliahan dan dosen jarang menggunakan alat bantu paket program komputer/Mathematica dalam pembelajaran. Dengan melihat kondisi tersebut maka permasalahan yang perlu segera ditangani terkait adalah memilih rancangan dan strategi pembelajaran yang dapat melatih dan sekaligus meningkatkan aktivitas, dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus Integral. Salah satu alternatif tindakan yang dapat dilakukan melalui penelitian tindakan kelas secara kolaboratif adalah dengan memanfaatkan pertanyaan - pertanyaan pembimbing dan bantuan program Mathematica melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS. Data yang dikumpulkan meliputi data aktivitas, prestasi belajar dan persepsi mahasiswa. Data tersebut dikumpulkan dengan lembar observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar, dan prestasi belajar meningkat dari siklus ke siklus. Untuk persepsi mahasiswa terhadap pemanfaatan pertanyaan-pertanyaan pembimbing dan bantuan program mathematica tergolong positif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License