IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KINERJA ILMIAH

Authors

  • I. K. Sudiantara Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja
  • P. Artawan Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v8i2.12635

Keywords:

inkuiri terbimbing, prestasi belajar, kinerja ilmiah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan prestasi belajar, (2) meningkatkan kinerja ilmiah, (3) mendeskripsikan tanggapan siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA1 SMA Negeri 4 Singaraja yang berjumlah 42 orang siswa. Data penelitian ini dikumpulkan dengan tes prestasi belajar, lembar observasi, dan angket. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Prestasi belajar pada akhir siklus I sebesar 78,48 dengan kategori B dan ketuntasan klasikal 85,71%. Rata-rata kinerja ilmiah 79,26 dengan kategori B dan ketuntasan klasikal 100%. (2) Prestasi belajar siswa pada akhir siklus II sebesar 79,50 dengan kategori B+ dan ketuntasan klasikal 90,48%. Rata-rata kinerja ilmiah siswa 81,72 dengan kategori B+ dan ketuntasan klasikal 100%. (3) Rata-rata tanggapan siswa terhadap penerapan model inkuiri terbimbing sebesar 71,21 dengan kategori positif. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar dan kinerja ilmiah siswa kelas XI MIA1 SMA Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2014/2015.

Downloads

Published

2017-11-25