PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA PEMBELAJARAN SAINS KIMIA SMP

Authors

  • Ni Putu Marheni Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja
  • I Nyoman Suardana Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v8i2.12640

Keywords:

inkuiri terbimbing, budaya lokal, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis budaya lokal terhadap hasil belajar siswa, (2) tanggapan siswa dan tanggapan guru terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis budaya lokal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Payangan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB dan VIIIC. Siswa kelas VIIIB terpilih sebagai kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis budaya lokal dan siswa kelas VIIIC sebagai kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini meliputi data kuantitatif berupa hasil belajar siswa dan tanggapan siswa serta data kualitatif berupa tanggapan guru. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan statistik inferensial, yaitu anakova dengan taraf signifikansi 5%. Sementara itu, data tanggapan siswa dan guru dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa, yaitu: hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis budaya lokal lebih baik daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Siswa dan guru memberikan tanggapan sangat positif terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis budaya lokal.

Downloads

Published

2017-11-25