PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA TOPIK LAJU REAKSI

Authors

  • I Wayan Jus Pariatna Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Nyoman Sudria Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ngadiran Karto Wasono Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v9i1.12645

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mendeskripsikan karakteristik perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing pada topik laju reaksi serta mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran berdasarkan penilaian ahli dan praktisi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) mengikuti prosedur penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall (1989) sampai tahap validasi ahli dan praktisi. Data hasil penelitian meliputi deskripsi analisis kebutuhan, karakteristik perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing pada topik laju reaksi, dan validasi produk. Data hasil penelitian dianalisis secara kualitatif. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan salah satu model pembelajaran yang direkomendasikan untuk mewujudkan pembelajaran sains terutama dalam Kurikulum 2013. Selain itu, diperlukan ketersediaan dokumen perangkat pembelajaran (RPP, LKS dan teks/buku) yang konsisten mendukung pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pola induktif, yang mana selama ini ketersediaannya belum memadai. Hasil tersebut memberi dukungan terhadap pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pola induktif. Prototif produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pola induktif pada topik laju reaksi yang meliputi RPP, LKS (termasuk media pembelajaran) dan teks materi pelajaran yang secara konsisten mengikuti sintaks model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pola induktif, serta instrumen penilaian pencapaian kompetensi yang sesuai. Mayoritas aspek-aspek pembelajaran dalam setiap perangkat pembelajaran yang dikembangkan mendapat rata-rata penilaian dengan kategori baik dari ahli dan praktisi yang telah memberikan validasi. Dengan demikian perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pola induktif yang telah dikembangkan memiliki validitas yang memadai. 

Downloads

Published

2017-11-25

Issue

Section

Articles