IDENTIFIKASI BANGUN GEOMETRI DALAM PRODUK KERAMIK DAN VAVIN SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN mATEMATIKA (Sebuah Kajian Konseptual)

Authors

  • I Gusti Agung Oka Yadnya SMP Negeri 6 Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v10i1.12654

Abstract

Kurangnya media pembelajaran merupakan salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar matematika siswa jenjang SD dan SMP. Oleh karena itu, guru wajib mencari solusi atas permasalahan tersebut. Beberapa jenis media pembelajaran telah tersedia di sekitar lingkungan sekolah. Salah satu jenis media pembelajaran matematika yang ada di lingkungan sekolah adalah keramik dan vavin. Kedua jenis produk tersebut dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran tiga dimensi maupun media dua dimensi. Vavin memiliki keunggulan karena bentuk fisiknya yang beragam. Sedangkan keramik memiliki keunggulan karena berwarna dan ada pula yang bergambar. Banyak jenis keramik yang bergambar bangun-bangun geometri, mulai bangun-bangun dasar (basic shapes) sampai bangun-bangun yang kompleks (complex shapes).  Berdasarkan hasil kajian kritis, yang didukung dengan literatur-literatur yang relevan, dapat ditemukan bahwa keramik dan vavin dapat dijadikan media pembelajaran untuk enam topik bahasan matematika, yaitu: Bangun Datar, Bangun Ruang Sisi Datar, Transformsi, Simetri, Pengubinan, dan Teselasi. Cara pemanfaatannya ada dua macam, yaitu sebagai media praktik dan sebagai objek pengamatan.

Downloads

Published

2017-11-25

Issue

Section

Articles