KOMPARASI HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA DAN METODE KERJA KELOMPOK

Authors

  • Ni Nengah Astri Minanti Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Tika Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Karyasa Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v10i1.12655

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) hasil belajar siswa; 2) aktivitas belajar siswa; dan 3) respon siswa terhadap pembelajaran dengan penggunaan metode tutor sebaya dan metode kerja kelompok. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent pre-test post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Singaraja dengan jumlah siswa 277 siswa. Sampel penelitian ini adalah 30 siswa kelas X MIA 5 (Eksperimen 1) dan 32 siswa kelas X MIA 2 (Eksperimen 2) yang dipilih melalui teknik random sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan respon siswa. Data skor hasil belajar siswa dianalisis dengan statistik anakova pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang belajar dengan menggunakan metode tutor sebaya dengan siswa yang belajar dengan metode kerja kelompok. Dengan kata lain kedua metode ini sama-sama mampu meningkatkan hasil belajar dan dapat diterapkan pada materi stoikiometri. Aktivitas siswa pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dikategorikan baik. Siswa menunjukkan respon positif terhadap metode tutor sebaya dan metode kerja kelompok.

Downloads

Published

2017-11-25

Issue

Section

Articles