PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRANSFORMASI BERBASIS GEOGEBRA

Authors

  • N. W. Karmila Putri Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • I M. Candiasa Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Suweken Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v10i2.12661

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan rancangan
(blue print) media pembelajaran transformasi; (2) mendeskripsikan hasil
implementasi media pembelajaran transformasi menggunakan GeoGebra sebagai
aplikasi basis, Visual Basic sebagai layout, Quiz Maker sebagai aplikasi pembuat
kuis, dan Windows Movie Maker sebagai aplikasi pembuat video tampilan awal
media; dan (3) mendeskripsikan efektivitas media pembelajaran transformasi
berbasis GeoGebra. Model pengembangan yang digunakan yaitu Model 4-D yang
terdiri dari define, design, develop, dan disseminate, tetapi penelitian ini terbatas
sampai tahap develop. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media
pembelajaran transformasi berbasis GeoGebra dapat diterima sebagai media
pembelajaran dengan persentase skor dari ahli isi sebesar 98,46%, dari ahli desain
pembelajaran sebesar 80%, dari ahli media sebesar 84,62%, dan dari sembilan
orang siswa sebesar 90,77%. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan media
pembelajaran transformasi berbasis GeoGebra dapat digunakan sebagai media
dalam mempelajari materi transformasi baik oleh siswa maupun guru

Downloads

Published

2017-11-25