PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 1 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v10i2.12662Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi
berprestasi dan prestasi belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Blended Learning dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Lebih lanjut, akan diselidiki siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran mana yang memiliki motivasi berprestasi dan prestasi belajar matematika yang paling baik. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test only control group design. Adapun populasi pada penelitian ini adalah siswa Kelas XI MIA non unggulan SMA Negeri 1 Singaraja tahun ajaran 2014/2015, yaitu sebanyak 252 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Data hasil kuesioner motivasi berprestasi dan tes prestasi belajar matematika dianalisis menggunakan Uji-t dan MANOVA. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa: (1) motivasi berprestasi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Blended Learning lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (2) prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Blended Learning lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, dan (3) motivasi berprestasi dan prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Blended learning mempunyai perbedaan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Blended Learning berpengaruh positif terhadap motivasi berprestasi dan prestasi belajar matematika siswa
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License