PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA DASAR I MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN IPA TAHUN AJARAN 2015/2016

Authors

  • Putri Sarini
  • Ni Made Pujani Jurusan Pendidikan IPA FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Suardana Jurusan Pendidikan IPA FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v10i2.12664

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan modul; dan (2)
mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD berbantuan modul. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui empat tahap dengan siklus berulang,
yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian
dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah mahasiswa
sebanyak 20 orang. Data penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar berbentuk
esai dan kuisioner tanggapan mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD berbantuan modul. Data penelitian dianalisis dengan
metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model
pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa
dengan perolehan skor rata- rata hasil belajar sebesar 78 pada siklus I dan 82 pada
siklus II; dan (2) mahasiswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan modul

Downloads

Published

2017-11-25