PENGEMBANGAN MODEL DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 1 GEROKGAK

Authors

  • Andiny T T Jurusan Pendidikan Fisika-FMIPA-Undiksha
  • Ketut Suma . Jurusan Pendidikan Fisika Undiksha
  • I Gede Aris Gunadi Jurusan Pendidikan Fisika / Prodi S2 Ilmu Komputer Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v12i2.13829

Keywords:

model pembelajaran metakognitif, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa model pembelajaran metakognitif untuk pembelajaran siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Gerokgak yang teruji validitas, kepraktisan, dan keefektifannya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika.

Model pembelajaran ini dikembangkan dengan desain pengembangan model 4D. Hasil review dari ahli isi pembelajaran menyatakan bahwa model pembelajaran metakognitif yang dikembangkan sudah sesuai. Hasil uji ahli desain pembelajaran menunjukkan persentase sebesar 81% dengan kualifikasi baik. Hasil uji coba perorangan menunjukkan bahwa para guru memberikan tanggapan sangat baik dengan persentase keseluruhan sebesar 92,5% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil persentase keseluruhan siswa untuk uji coba lapangan sebesar 84,11% dengan kualifikasi baik.

Nilai rata-rata pretest adalah 59,84 dengan SD = 7,46 dan nilai rata-rata posttest adalah 85,31 dengan SD = 6,47, presentase keberhasilan siswa yang memperoleh nilai diatas KKM yaitu sebesar 87% (KKM=78,00). Hasil uji-t dengan menggunakan bantuan SPSS menunjukkan bahwa nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima, kemudian harga t hitung sebesar -16,484. Pada uji-t dua pihak, harga t hitung adalah harga mutlak, jadi tidak dilihat tanda negatif (-). Harga 16,484 > 2,984, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata prestasi belajar siswa kelas XI MIA 2 antara sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran metakognitif. Jadi, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran metakognitif dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa.

Author Biography

Andiny T T, Jurusan Pendidikan Fisika-FMIPA-Undiksha

Jurnal fisika 1 untuk wahana april

Downloads

Published

2018-11-08