Pengembangan Buku Ajar Kimia SMA Kelas X Berbasis Argumen Toulmin

Authors

  • I Komang Swidiarta
  • I.N. Suardana
  • I.D.K. Sastrawidana

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v13i2.16105

Keywords:

buku ajar kimia, argumen Toulmin

Abstract

Tujuan umum dari penelitian ini adalah menghasilkan buku ajar kimia SMA kelas X berbasis argumen Toulmin yang dapat melatih siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan khususnya adalah untuk mendeskripsikan  (1) karakteristik buku ajar kimia SMA kelas X berbasis argumen Toulmin, (2) validitas produk yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahlidanuji keterbacaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) mengikuti prosedur penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Tahap penelitian yang dilakukan sampai tahap validasi ahli serta uji keterbacaan. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Data hasil penelitian meliputi data pada tahap analisis kebutuhan (studi literatur dan studi lapangan), data hasil perencanaan produk, data hasil pengembangan produk awal, data hasil validasi ahli dan data hasil uji keterbacaan produk. Produk dalam penelitian ini berupa buku ajar kimia SMA kelas X berbasis argumen Toulmin. Karakteristik buku ajar yang dikembangkan dibuat sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Pada setiap paragraf argumentatif pada buku ajar yang dikembangkan dibuat mengikuti pola argumentasi Toulmin dan dilengkapi dengan peta argumen. Sebagian besar aspek penilaian buku ajar yang dikembangkan mendapat penilaian dengan kategori baik dan sangat baik dari validator ahli. Skor rata-rata seluruh aspek hasil validasi ahli adalah 4,25 dengan kategori sangat baik. Hasil uji keterbacaan menunjukkan tingkat keterbacaan siswa terhadap buku ajar kimia berada dalam kategori sangat baik. Skor rata-rata semua aspek  uji keterbacaan mencapai 4,37. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa buku ajar kimia SMA kelas X berbasis argumen Toulmin memiliki validitas yang sangat baik.

References

Akbar, Sadun. 2011. Penyusunan Buku Ajar. Tersedia pada : http://www.academia.edu/penyusunan-buku-ajar (diakses pada tanggal 12 Juli 2017).

Arlitasari, O., Pujayanto, & Budiharti, R. 2013. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Dengan Tema Biomassa Sumber Energi Alternative Terbarukan. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 1, No 11 (hlm: 82).

Asasi, A.F. 2009. Analisis Kelayakan Buku Ajar Sains Untuk SMPKelas VII Ditinjau dari Aspek Keterlibatan Siswa. Yogyakarta. Tersedia pada http:/www.tek-nologipendidkan.co.cc. diakses pada tanggal 7 juli 2018.

Borg, W.R. & Gall, M.D. 1989. Educational Research. New York : Longman.

Wardani, A.D, Yuliathi, L. & Taufiq, A. 2016. Kemampuan Argumentasi ilmiah dan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA pada Materi Gaya dan Gerak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pasca Sarjana UM. Vol.1.

Eskin, H., & Bekiroglu, F.O. 2013. Argumentation as a Strategy for Conceptual Learning of Dynamics. Research in Science Education, 43 (1939-1956).

Hasibuan, M.P & Silaban, R. 2017. Analisis Kualitas Buku Ajar Kimia Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI). 1(2): 159-164

Herlianti, Y. 2014. Analisis Argumentasi Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Isu Sosiosaintifik Konsumsi Genetically Modified Organism. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1) : 51-59.

Khusnayain, A. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Argument Driven Inquiry (ADI) Untuk Menumbuhkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah. Tesis (tidak diterbitkan). Program Pascasarjana Magister Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung

Prihartiningsih, Zubaidah, S. & Kusairi, S. 2016. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM. Vol I 978-602-9286-21-2.

Redhana, I W. 2002. Meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMU Negeri 4 Singaraja kelas II1 semester 1 tahun ajaran 2002/2003 pada pembelajaran kimia melalui pembelajaran kooperatif dengan strategi pemecahan masalah. Laporan penelitian (tidak diterbitkan). Fakultas Pendidikan MIPA, IKIP Negeri Singaraja.

Sadia, I W. 2008. Model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jurnal pendidikan dan Pengajaran Undiksha, 41(2): 219-237.

Sadia, I W., Subagia, W., & Natajaya, I.W. 2007. Pengembangan model dan perangkat pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis ( Critical thinking skills) siswa sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA). Laporan Penelitian (tidak diterbitkan) Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Toulmin, S. 1958. The Uses of Argumen, Cambridge, England: Cambridge University Press.

Widoyoko, E. P.2009. Evalusi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar : Yogyakarta.

Downloads

Published

2019-10-29