Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi College Bowling
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v14i1.17516Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi College Bowling dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 30 orang siswa. Data keaktifan belajar dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan data prestasi belajar dikumpulkan menggunakan tes prestasi belajar berbentuk tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase skor keaktifan belajar siswa meningkat dari siklus ke siklus berturut turut yaitu 52,569%, 70,369%, dan 77,943%. Rata-rata skor prestasi belajar siswa juga meningkat dari siklus ke siklus berturut-turut yaitu 64,67, 70,77, dan 81,70 serta sebanyak 80% siswa yang tuntas belajar di akhir siklus. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi College Bowling dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa.
Kata-kata kunci: model pembelajaran kooperatif, strategi College Bowling, keaktifan belajar, prestasi belajar
References
Ayu, Ni Made Dwi dan Sudjoko (2014). “Peningkatan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Kognitif C1-C3 pada Materi Ekosistem Melalui Strategi Pembelajran Bowling Kampus Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Sewon Bantul Tahun 2013/2014 (Yogyakarta:Universitas Ahmad Dahlan)”. Tersedia pada https://www.e-jurnal.com/2016/06/peningkatan-aktivitas-belajar-dan.html (diakses tanggal 24 November 2018).
Candiasa, I Made. 2010. Statistika Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Eggen, P. dan Don K. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta : Indeks Permata Putri.
Isjoni. 2009. Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta
Maharani, Wahyu Dwi. (2012) “Peningkatan Hasil Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi College Ball (Permainan Bola Guling) pada Siswa kelas IV SDN Tosanan Kecamatan Kauman Ponorogo Tahun Pelajaran 2011/2012 (Universitas Muhammadiyah Ponogoro)”. Tersedia pada http://eprints.umpo.ac.id/2152/1/jkptumpo-gdl-wahyudwima-159-1-abstrak-1.pdf (diakses tanggal 24 November 2019).
Parwati. N.N., dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Silberman, M. 2013. Pembelajaran Aktif 101 Strategi untuk Mengajar Aktif. Terjemanahan Yovita Hardiwati. Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject. 1996. Jakarta Barat: Indeks.
Sulistyani, S.N. 2012. “Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penerapan Metode Guided Note Taking pada Mata Diklat Memilih Bahan Baku Busana di SMK Negeri 4 Yogyakarta”. Skirpsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.
Suyitno, Amin., dan Hardi Suyitno. (2015). “Learning Therapy For Students In Mathematicts Communication Correcrtly Based on Aplication Of Newman Procedure (A Case Of Indonesian Student) (Semarang State University)”. Tersedia pada https://www.ijern.com/journal/2015/January-2015/44.pdf (diakses tanggal 6 Mei 2019)
Tella, Adedeji. 2007. “The Impact of Motivation on Student’s Academic Achievement and Learning Outcomes in Mathematics among Secondary School Students in Nigeria”, Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, Vol. 3 No.2
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License