PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPBA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v13i2.17525

Keywords:

Hasil belajar, pendekatan saintifik, perangkat pembelajaran

Abstract

ABSTRAK

Permasalahan yang terjadi belum adanya perangkat pembelajaran yang sesuai menggunakan pendekatan saintifik, sehingga proses pembelajaran di kelas kurang bermakna. Tujuan penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran IPBA dengan pendekatan saintifik. Metode penelitian yang digunakan Borg dan Gall yang telah dimodifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian payung, sehingga tahapan yang dilakukan yaitu: (1) perencanaan, (2) pengembangan draf produk, (3) uji coba lapangan awal, (4) merevisi hasil uji coba, (5) uji coba lapangan utama, dan (6) penyempurnaan produk. Cara pengambilan data dengan memberikan angket uji validitas, angket kepraktisan, serta tes hasil belajar. Penelitian ini dilakukan secara terbatas dengan 36 orang siswa kelas VII dan satu orang guru. Hasil analisis menggunakan Gain Score untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan produk pengembangan. Nilai rata-rata pretest siswa sebesar 51, sedangkan untuk nilai posttest 77. Hasil Gain Score diperoleh nilai 0,53 pada kategori sedang, artinya perangkat pembelajaran IPBA dengan pendekatan saintifik efektif meningkatkan hasil belajar.

Kata Kunci: Hasil belajar, pendekatan saintifik, perangkat pembelajaran.

 

 

ABSTRACT

The problem that occurs is the lack of appropriate learning tools using a scientific approach, the learning process less meaningful. The research objective was to produce IPBA learning devices with a scientific approach. The research method used by Borg and Gall was modified. This research is an umbrella research, so that the steps taken are: (1) planning, (2) the development of product drafts, (3) initial field trials, (4) revising the results of the trials, (5) main field trials, (6 ) product improvement. The way to retrieve data is to provide validity test questionnaires, practicality questionnaires, and learning outcomes tests. This research was conducted with 36 students of class VII and one teacher. The average value of pretest students is 51, while for the posttest 77. Results obtained Score Gain worth 0.53 in the medium category, which means that the learning device with a scientific approach to effectively improve student learning outcomes.

 

Kata kunci: learning achievement, learning devices, scientific approach.

Author Biography

putu tirta utami, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi S-2 Pendidikan IPA

Jurusan Pendidikan IPA

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Universitas Pendidikan Ganesha

References

Arumisore, N. M., Indana, S., & Soetjipto. 2017. Pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis dengan pendekatan saintifik untuk menuntaskan hasil belajar siswa pokok bahasan sistem gerak manusia di SMP. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 7(1): 1386-1396. Tersedia pada https://journal.unesa.ac.id. Diakses tanggal 17 Desember 2018.

Borg, W. R. & Gall, M. D. 1983. Educational research: An introduction. Fourth edition. New York: Longman.

Dewi, E. R. 2015. Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada materi turunan untuk siswa SMA kelas XI semester II. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. 1-13. Tersedia pada journal.student.uny.ac.id. Diakses pada tanggal 17 Desember 2018.

Ine, M. E. 2015. Penerapan pendekatan scientifik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan pasar. Prosiding Seminar Nasional. Tanggal 9 Mei 2015.

Hala, Y., Saenab, S., & Kasim, S. 2015. Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik pada konsep ekosistem bagi siswa sekolah menengah pertama. Journal of EST. 1(3): 85-96. Tersedia pada ojs.unm.ac.id. Diakses pada 2 Agustus 2017.

Handayani, T., Soeparman, K., & Yuni, S. R. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. 2(2): 193-203. Tersedia pada http://journal.unesa.ac.id. Diakses tanggal 16 Desember 2018.

Isra, M., An’nur, S., & Hartini, S. 2017. Pengaruh penggunaan strategi peta konsep terhadap hasil belajar fisika siswa SMP Negeri 9 Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. 1(1): 26-37. Tersedia pada fkip.jtam.unlam.ac.id. Diakses pada 1 Juli 2017.

Jafar, J. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Pada Mata Pelajaran Biologi Terhadap Aktivitas Siswa, Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Juhji. 2017. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 2(1): 58-70. Tersedia pada https://jurnal.untirta.ac.id. Diakses pada 16 Desember 2017.

Kemendikbud. 2015. Panduan penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan untuk sekolah menengah pertama. Tersedia pada www.guru-id.com. Diakses pada 20 Agustus 2017.

Permendikbud. 2013. Implementasi kurikulum. Tersedia pada https://luk.staff.ugm.ac.id. Diakses pada 7 Agustus 2017.

Lambertus. 2010. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SD melalui pendekatan matematika realistik. Tesis (tidak diterbitkan). Bandung: Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.

Nasihin, M., Jamhari, M., & Suleman, S. M. 2016. Pendekatan scientifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VA SD Inpres Kotapulu. e-Journal Mitra Sains. 4(2): 71-77. Tersedia pada jurnal.untad.ac.id. Diakses pada 1 Januari 2019.

Nurliza. 2017. Peningkatan hasil belajar IPA dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jurnal Pena Edukasi. 4(1): 69-76. Tersedia pada deacas.com/se/jurnal/index.php/JPE/article/download/39/23. Diakses pada 1 Juli 2017.

Sudria, I. N., Kartowasono, N., Nurlita, F., & Sya'ban, S. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Dengan Pendekatan Berpikir Deduktif. Laporan Penelitian, Tidak dipublikasikan.

Susilo, M. J. 2007. Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Siswa.

Trianto. 2015. Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konstekstual: Konsep, landasan, dan implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kutikulum Tematik Integratif/TKI). Jakarta: Kencana.

Zuhdan, K. P. 2011. Pengembangan perangkat pembelajaran sains terpadu untuk meningkatkan kognitif, keterampilan proses, kreativitas serta menerapkan konsep ilmiah peserta didik SMP. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Universitas Negeri Yogyakarta. Tersedia pada lppm.uny.ac.id. Diakses 9 Agustus 2017.

Downloads

Published

2019-10-29