Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa

Authors

  • Markus Palobo Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Musamus

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v15i1.17529

Keywords:

Minat, Prestasi, Advance Organizer, Peta Konsep

Abstract

Kemampuan problem solving merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan problem solving matematika menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan setiap siklus terdapat 4 pertemuan. Subjek dalam penelitian terdiri dari 19 siswa dilakukan di kelas VIII MTs Annajah Yamra Merauke. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes untuk tes kemampuan problem solving dan teknik non tes untuk lembar observasi. Hasil dari penelitian ini yaitu kemampuan problem solving matematika siswa pada siklus I adalah 47,4% berada pada kategori baik dan sangat baik dan pada siklus II kemampuan problem solving siswa meningkat menjadi 79% berada pada kategori baik dan sangat baik yang telah memenuhi indikator keberhasilan. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan Kemampuan Problem solving Matematika siswa kelas VIII MTs Annajah Yamra Merauke.

References

Aqib, Z., Jaiyaroh, S., Diniati, E., & Khotimah, K. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SMP, SMA, SMK. Bandung: Yrama Widya.

Baharuddin, & Wahyuni, E. N. (2015). Teori Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Djamarah, S. B. (2012). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Haryati, N. (2015). Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Se-Gugus Wonokerto Turi Sleman. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Istiqomah, L. (2009). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Se Kabupaten Jepara. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Resi, B. F. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika Kelas IXB SMPS Dharma Nusa Flores Timur. Yogyakarta: Universitas Satanata Dharma.

Sari, I. N., & Taringan, R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantuan Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Cahaya Di Kelas VII SMP Negeri 29 Medan. Jurnal Inpafi, Vol.2 No.2, 2014.

Setyawan, A. (2010). Pembelajaran Model Advance Organizer Dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sukoharjo). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, S.(2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2022-01-12