Efektivitas Media Berbantuan Komputer dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Authors

  • I Wayan Sudita Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v14i2.17998

Keywords:

media pembelajaran, pembelajaran berbasis masalah, pemecahan masalah

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah (PBM), terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam menerapkan PBM ditingkat sekolah menengah pertama (SMP). Diperlukan inovasi ataupun pembaharuan dalam penerapan pembelajaran berbasis masalah, kreatifitas guru dalam membungkus masalah – masalah matematika menjadi menarik untuk dipecahkan sehingga siswa menjadi senang dan aktif dalam belajar matematika, melalui penerapan media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Plomp, yang meliputi lima tahap yaitu: 1) investigasi awal; 2) desain; 3) realisasi/konstruksi; 4) tes, evaluasi, dan revisi; dan 5) implementasi. Namun karena keterbatasan waktu, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap tes, evaluasi dan revisi hingga diperoleh prototipe final. Pengembangan media pembelajaran  berbantuan komputer dalam pembelajaran berbasis masalah dalam penelitian ini telah memenuhi aspek efektivitas. Hal ini ditunjukkan oleh ketuntasan belajar siswa telah mencapai ≥ 85% dalam setiap tahap ujicoba, yaitu ujicoba terbatas ketuntasan belajar sebesar 90%, ujicoba lapangan I ketuntasan belajar sebesar 86%, dan ujicoba lapangan II ketuntasan belajar sebesar 89%. 

Author Biography

I Wayan Sudita, Universitas Pendidikan Ganesha

Matematika

References

Herman, T. 2007. “Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Educationist UPI, Vol. I, No. 1 Januari 2007 (halaman 47-56).

Ibrahim, Muslimin dan Mohamad Nur. 2000. Pengajaran Berdasarkan masalah. Surabaya: University Press.

National Council of Teachers of Mathematic (NCTM). (2000). Principle and Standards for School Mathematics. NCTM.

Plomp, T. 1997.Educational And Training System Design. Enschede: University of Twente, Fakulty of Educational Science and Technology.

Pribadi. 2011. Model Assure untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Jakarta: Dian Rakyat

Sanjaya, W. 2007. Kajian Kurikulum dan pembelajaran. SPs UPI : Bandung

Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia dan IMSTEP JICA.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Utami, R.W. 2107. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 4 (2), 2017, halaman 166-175.

Yazgan, Y, 2015. Sixth Graders And Non-Routine Problems: Which Strategies Are Decisive For Success. Academicjournals, Vol. 10 (13), pp. 1807-1816, 10 Juli 2015.

Downloads

Published

2020-12-01