Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis

Authors

  • Putu Novi Wipra Asti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Puja Astawa Prodi S1 Pendidikan Matematika
  • Gusti Ayu Mahayukti Prodi S1 Pendidikan Matematika

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v14i2.18147

Keywords:

Pemahaman Konsep Matematika, Kecerdasan Logis Matematis, Cooperative Script

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ditinjau dari kecerdasan logis matematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan treatment by level. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 142 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dimana sampel yang diperoleh berjumlah 32 siswa. Dari 6 kelas diambil 2 kelas sebagai sampel penelitian, satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan kelas lainnya sebagai kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen diterapkan pembelajaran Cooperative Script sedangkan kelompok kontrol mengikuti pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kecerdasan logis matematis dan tes kemampuan pemahaman konsep matematika. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANAVA dua jalur dengan bantuan SPSS 16.0 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Cooperative Script dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari kecerdasan logis matematis, 2) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.

References

Arends, R. I. 2007. Learning To Teach. New York: Mc Graw-Hill

Damayanti, A., & Tarmedi, E. (2018). Implementing Cooperative Script Type of Cooperative Learning Model To Improve Students ’ Act iveness in Learning Social Studies. 3(1), 129–135.

Gardner, H. 2003. Kecerdasan Majemuk. Terjemahan Drs. Alexander Sindoro dan Dr. Lyndon Saputra. Batam: Penerbit Interaksara

G.A, M., N, D., I.M, C., & A.A.I.N, M. (2018). The effectiveness of using portfolio assessment in lecture by controlling mathematical logical intelligence. SHS Web of Conferences, 42, 00081. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200081 (diakses tanggal 3 Juli 2019)

Jamaris, M. 2005. Pengembangan Multiple Intelligence dan Aplikasinya melalui Pembelajaran Terpadu di Taman Kanak-Kanak (Suatu kajian literatur dan aplikasinya). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No 053, Tahun ke-11. Maret 2005

Kandeel, R. A. A. (2016). Multiple Intelligences Patterns among Students at King Saud University and Its Relationship with Mathematics’ Achievement. Journal of Education and Learning, 5(3), 94. https://doi.org/10.5539/jel.v5n3p94 (diakses tanggal 17 Maret 2019)

Murnaka, N. P., & Dewi, S. R. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 163. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.637 (diakses tanggal 27 Januari 2019)

Mustajab, M., & Fatmaryanti, S. D. (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Kelas VIII A Smp Negeri 2 Karanggayam Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Radiasi, 1(1), 37–40. (diakses tanggal 1 Juli 2019)

Sari, Y. P., & Muchlis, E. E. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran cooperative script pada materi lingkaran. 2(1).

Wasida, M. R., & Hartono, H. (2018). Analisis kesulitan menyelesaikan soal model ujian nasional matematika dan self-efficacy siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 82. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.10060 (diakses tanggal 24 Januari 2019)

Wicahyani, E. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri 6 Singaraja”. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Universitas Pendidikan Ganesha

Yaumi. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat.

Downloads

Published

2020-12-01