Analisis Kebutuhan Pembelajaran IPA SMP pada Wilayah Kota di Bali dalam Rangka Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik

Authors

  • Gusti Ayu Oka Utami Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v14i2.19236

Keywords:

analisis kebutuhan, pembelajaran IPA, pendekatan saintifik

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan kemampuan keterampilan kerja                                                                                                     ilmiah, materi IPA SMP, serta mendeskripsikan dan menjelaskan iklim pembelajaran IPA SMP pada wilayah kota di Bali dalam rangka pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh pihak yang berkepentingan yaitu pihak penyelenggara (guru IPA, MGMP IPA, wakil kepala sekolah urusan kurikulum, dan pengawas mata pelajaran IPA), siswa kelas IX, dan pihak pengguna lulusan (komite SMP dan SMA, wakil kepala sekolah urusan kurikulum, dan guru bidang Fisika, Kimia, dan Biologi) yang ada di Bali. Sebanyak 495 responden dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data hasil kebutuhan keterampilan kerja ilmiah, materi IPA dan iklim pembelajaran IPA SMP pada wilayah kota di Bali dikumpulkan berupa persentase skor persetujuan kebutuhan (keterampilan kerja ilmiah dan materi IPA) dan rerata katagori iklim pembelajaran menggunakan angket. Data kebutuhan keterampilan kerja ilmiah dan materi IPA dianalis dengan deskriptif. Data iklim pembelajaran dianalisis dengan deskriptif untuk menentukan kategori kualitas dukungan iklim pembelajaran secara keseluruhan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, stakeholders mendukung kebutuhan keterampilan kerja ilmiah yang ditanggapi perlu sebesar 92,7%. Kedua, materi IPA SMP yang diprogramkan kurikulum dapat memfasilitasi pembelajaran dengan pendekatan saintifik sebesar 93,7%. Ketiga, stakeholders menilai dukungan iklim pembelajaran yang meliputi sarana belajar, prasarana pendukung, pengelolaan sekolah, kondisi belajar saintifik, dan profesionalisme guru terkait dengan pembelajaran IPA SMP dianggap memadai (baik) dengan konversi rerata skor iklim sebesar 4,33.  Kata-kata kunci: analisis kebutuhan, pembelajaran IPA, pendekatan saintifik

 

 

Downloads

Published

2020-12-01