Model 5E dalam Pembelajaran IPA SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v13i2.20879Keywords:
model 5EAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kelayakan perangkat pembelajaran IPA model 5E yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran IPA yang dikembangkan berupa RPP, LKPD, dan assessment keterampilan scientific method dan angket sikap healthy life. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R & D). Hasil penelitian berupa validasi pengembangan perangkat pembelajaran IPA model 5E oleh dosen ahli, guru IPA, dan peserta didik pada tahap uji terbatas yang melibatkan 9 orang peserta didik. Rata-rata hasil validasi RPP yang dikembangkan yaitu 3.45 yang berada dalam kategori sangat baik. LKPD yang dikembangkan juga memperoleh skor validasi 3.36 yang berada pada kategori baik. Penilaian LKPD pada tahap uji terbatas memperoleh skor rata-rata 3.19 yang berada pada kategori baik. Hasil kelayakan lembar observasi untuk menilai keterampilan scientific method dan angket sikap healthy life peserta didik masing-masing memperoleh skor 93.4% dan 86.8% yang berada pada kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan perangkat pembelajaran IPA model 5E layak digunakan dalam pembelajaran IPA.
Kata-kata kunci: perangkat pembelajaran IPA; model 5E; kelayakan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License