Analisis Buku Pelajaran Kimia SMA Kelas X Semester II Kurikulum 2013 Ditinjau dari Pola Argumentasi Toulmin

Authors

  • rai desi wahyuningsih Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v14i1.21756

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan pola argumentasi Toulmin pada buku ajar kimia SMA kelas X semester II kurikulum 2013 yang digunakan di sekolah. Objek pada penelitian ini yaitu pola argumentasi Toulmin yang terdapat dalam buku ajar kimia. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah studi dokumen. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah buku ajar kimia SMA kelas X semester II kurikulum 2013 yang digunakan di sekolah mengandung sebanyak 35,8% argumen dan sebanyak 64,2% bukan argumen. Pola-pola argumentasi Toulmin yang diperoleh dalam penyajian materi pada buku ajar kimia SMA kelas X semester II kurikulum 2013 yang digunakan di sekolah yaitu ground-claim (G-C) sebanyak 23,6%, ground-warrant-claim (G-W-C) sebanyak 3,8%, ground-claim (qualifier) (G-C(Q)) sebanyak 2,8%, ground-warrant (backing)- claim (G-W(B)-C) sebanyak 4,7%, serta ground-warrant-claim (rebuttal) (G-W-C(R)) sebanyak 0,9%.

 

Kata kunci: buku ajar, pola argumentasi Toulmin

 

 

This qualitative research aimed to describe and explain Toulmin's argumentation pattern on chemistry textbook of Tenth Grade of High School in second semester using the curriculum of 2013. The object of this research is Toulmin's argumentation pattern contained in chemistry textbook. The method used for data collection were document study. The data were analyzed by qualitative descriptive technique. The results of this research are the chemistry textbooks used in schools containing as many as 35.8% arguments and as much as 64,2% non-arguments. Toulmin's argumentation patterns obtained in the materials of chemistry textbook of Tenth Grade in second semester using the curriculum 2013 are ground-claim (G-C) of 23,6%, ground-warrant-claim (G-W-C) of 3.8%, ground-claim (qualifier) (G-C(Q)) of 2.8%, ground-warrant (backing)-claim (G-W(B)-C) of 4.7%, and ground-warrant-claim (rebuttal) (G-W-C(R)) of 0.9%.

 

Key words: chemistry textbook, Toulmin's argumentation pattern

 

References

Insani, M. D. 2016. “Studi Pendahuluan Indentifikasi Kesulitan dalam Pembelajaran pada Guru IPA SMP Se-Kota Malang”. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 81-93.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Qin, J. 2013. “Applying the Toulmin Model in Teaching L2 Argumenative Writing.” The Journnal of Language Teaching and Learning, 2, 21-29.

Ramage, J. D. & Bean, J. C. 1992. Writing Arguments. New York: Macmillan Publishing Company

Redhana, I. W. & Sudiana I. K. 2017. “Buku Ajar SMP Berbasis Argumen untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Pengajaran MIPA 2(1). DOI: http://dx.doi.org/10.18269/j pmipa.v22i1.8385.

Redhana, I. W. 2010. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Peta Argumen terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Topik Laju Reaksi”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(17), 141-148.

Setiawati, I. & Nurlaelah, I. 2017. “Analisis Profil Kemamuan Berargumentasi Guru Dan Mahasiswa Calon Guru Dalam Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Toulmin’s Argumen Pattern (TAP) dan Upaya Perbaikannya.” Quagga, 9(1), 1-16.

Setiowati, H., Utomo, S. B., & Ashadi. 2017. “Analisis Bahan Ajar Kimia SMA pada Materi Kesetimbangan Kelarutan Berdasarkan Sintaks model POE (Predict, Observe, Explain)” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains,157-161.

Setyaningsih, Y. 2008. “Peningkatan Kemampuan Menulis Argumenatif dan Keterampilan Berpikir Kritis Berbahasa Indonesia Mahasiswa melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Logika Toulmin.” Educationst. Univeristas Senata Dharma Yogyakarta, 2(2), 98-111.

Sugandi, S. R. 2015. “Pengaruh Penggunaan Argumentasi Toulmin pada Pembelajaran Fisika melalui Metode Diskusi terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kualitas Argumentasi Sains Siswa SMA”. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.

Syaifudin, A. & Pratama, H. 2013. “Pengembangan Buku Teks Menulis Argumentasi Berdasarkan Pola Penalaran Argumenatif.” Jurnal Penelitian Pendidikan, 30(1), 1-10.

Viyanti, dkk. 2016. “Pemberdayaan Keterampilan Argumentasi Mendorong Pemahaman Konsep Siswa.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7, 43-48.

Downloads

Published

2020-04-19

Issue

Section

Articles