Lesson Study dalam Upaya Peningkatan Keaktifan Mahasiswa dalam Proses Perkuliahan Biologi Dasar II Prodi S1 Pendidikan IPA

Authors

  • putu prima juniartina Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v14i2.23196

Keywords:

Lesson study, Activity

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam proses perkuliahan biologi dasar II pada prodi S1 pendidikan IPA yang berdasarkan observasi belum berjalan seperti yang diinginkan dan menyisakan beberapa permasalahan. Pembelajaran berbasis lesson study diharapkan mampu mengatasi permasalahan tersebut. Dalam pelaksanaan penelitian ini terdapat tiga siklus lesson study, dimana setiap siklus mempunyai tiga tahapan yaitu, perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi dan evaluasi (see). Subjek penelitian adalah mahasiswa semester dua program studi S1 Pendidikan IPA, Fakultas MIPA, Universitas Pendidikan Ganesha. Hasil observasi pada pelaksanaan lesson study menunjukkan keaktifan mahasiswa pada setiap siklus mengalami peningkatan dengan penyesuaian metode pembelajaran yang merupakan hasil refleksi dan evaluasi siklus sebelumnya, hasil penelitian dianalisis secara deskriptif

References

Bill Cerbin & Bryan Kopp. A Brief Introduction to College Lesson Study. Lesson Study Project. online: http ://www.uwlax.edu/sotl/lsp/index2.htm

Catherine Lewis (2004) Does Lesson Study Have a Future in the United States?. Online: http://www.sowi-online.de/journal/2004-1/lesson_lewis.htm

Dirjend Dikti. 2009. Panduan Penyusunan Program Perluasan Dan Penguatan Lesson Study Di LPTK (Lesson Study Dissemination Program for Strengthening Teacher Education in Indonesia – LEDIPSTI) Jakarta: Direktorat Ketenagaan Dirjen Dikti Depdiknas

Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Rokmaniah, dkk. 2016. “Lesson study pengembangan bahan pembelajaran berbasis potensi lokal untuk meningkatkan kopetensi profesionalisme guru SD dikabupaten Kebumen” Jurnal Premiere Educandum, Volume 6 Nomor 2, Desember 2016, 162 - 173

Rosliana Eso dkk. 2012. Laporan pelaksanaan Lesson Study , upaya peningkatan hasil belajar mahasiswa program study pendidikan fisika FKIP UHO melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata kuliah Mekanika, seminar hasil penelitian pelaksanaan lesson study pada jurusan PMIPA FKIP UHO .

Saiful, A. 2018 “Penerapan Lesson Study Melalui Metode Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Di Fkip Unpas” Jurnal Refleksi Edukatika 8 (2) (2018)

Sriyanto, joko. 2007 “Peningkatan kualitas pembelajaran melalui lesson study” JPTK Vol.16 nomor 1 Mei 2007

Zulfarina, Fauziah, dan Nursal. ( 2012 ) , Persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan Lesson study pada Program studi pendidikan biologi FKIP Universitas Riau, Proseding Seminar Nasional Penddikan Sains Program Pascasarjana universitas Sebelas Maret, Surakarta, 3 November 2012.

Downloads

Published

2020-12-01