Pengembangan GeoGebra untuk Materi Transformasi Geometri Berorientasi Strategi IKRAR dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Dewa Ardinata

Abstract


Salah satu masalah yang dihadapi oleh guru SMP dalam mengajar transformasi geometri adalah kesulitan siswa untuk memahami konsep transformasi geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran GeoGebra berorientasi Strategi IKRAR untuk meningkatkan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Denpasar. Pengembangan perangkat pembelajaran mengikuti prosedur desain penelitian Plomp (penelitian pendahuluan, fase prototyping, dan fase penilaian). Data dikumpulkan menggunakan lembar validitas, lembar observasi, angket respons siswa, angket respons guru, dan tes keterampilan pemecahan masalah matematika. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria: (1) valid, berdasarkan pendapat dua validator; (2) praktis, berdasarkan implementasi perangkat pembelajaran yang mudah digunakan berdasarkan sudut pandang pengamat, respons guru, dan respons siswa; (3) efektif, berdasarkan kelengkapan siswa dalam materi pembelajaran yang melebihi KKM. Karakteristik media GeoGebra meliputi: (1) menyajikan masalah sehari-hari yang dekat dari kegiatan siswa; (2) Menyampaikan pemahaman konsep material dengan mudah dan terstruktur; (3) Memiliki tampilan yang menarik sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa, (4) memberikan latihan latihan yang mengasah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Full Text:

PDF

References


Aktas, G. S., & Ünlü, M. (2017). Understanding of Eight Grade Students about Transformation Geometry: Perspectives on Students’ Mistakes. Journal of Education and Training Studies, 5(5), 103–119.

Albab, I. U., Hartono, Y., & Darmawijoyo, D. (2014). Kemajuan belajar siswa pada geometri transformasi menggunakan aktivitas refleksi geometri. Cakrawala Pendidikan, 3.

Andraphanova, N. V. (2015). Geometrical Similarity Transformations in Dynamic Geometry Environment Geogebra. European Journal of Contemporary Education, 12(2), 116–128.

Emre-Akdogan, E., & Argün, Z. (2016). Instructional Design-Based Research on Problem Solving Strategies. Acta Didactica Napocensia, 9(4), 15–24.

Fatqurhohman, F. (2016). Transition Process of Procedural to Conceptual Understanding in Solving Mathematical Problems. International Education Studies, 9(9), 182.

Guven, B. (2012). Using dynamic geometry software to improve eight grade students’ understanding of transformation geometry. Australasian Journal of Educational Technology, 28(2).

Hohenwarter, dkk. (2004). Combination of dynamic geometry, algebra and calculus in the software system GeoGebra. Computer Algebra Systems and Dynamic Geometry Systems in Mathematics Teaching Conference.

Irene, M. (2016a). Feasibility of Using Geogebra in the Teaching and Learning ......_2.pdf. Thesis. Tidak Diterbitkan.

Irene, M. (2016b). Status of Teachers’ Technology Uptake and Use of GeoGebra in Teaching Secondary School Mathematics in Kenya. International Journal of Research in Education and Science, 2(2), 286–294.

Kirby, J. ., & Boulter, D. . (1999). Spatial ability and transformational geometry. European Journal of Psychology of Education, 14(2), 283–294.

Kribbs, E. E., & Rogowsky, B. A. (2016). A Review of the Effects of Visual-Spatial Representations and Heuristics on Word Problem Solving in Middle School Mathematics. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 65–74.

Naidoo, J. (2010). Strategies Used by Grade 12 Mathematics Learners in Transformation Geometry. Natal: University of Kwazulu.

NCTM (Ed.). (2000). Principles and standards for school mathematics. National Council of Teachers of Mathematics.

Novrika, D., Putri, R. I. I., & Hartono, Y. (2016). DESAIN PEMBELAJARAN MATERI REFLEKSI MENGGUNAKAN MOTIF KAIN BATIK UNTUK SISWA KELAS VII. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.

Ocal, M. F. (2017). The Effect of Geogebra on Students’ Conceptual and Procedural Knowledge: The Case of Applications of Derivative. Higher Education Studies, 7(2), 67–78.

Özcan, dkk. (2017). Analysis of Sixth Grade Students’ Think-Aloud Processes While Solving a Non-Routine Mathematical Problem. Educational Sciences: Theory and Practice, 17(1), 129–144.

Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research, Part A. The Netherlands (SLO).

Seloraji, P., & Eu, L. K. (2017). Students’ Performance in Geometrical Reflection Using GeoGebra. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 5(1), 65–77.

Soedjadi, R. (1994). Memantapkan Matematika Sekolah sebagai Wahana Pendidikan dan Pembudayaan Penalaran. Media Pendidikan Matematika Nasional.

Sudiarta, I. G. P. (2012). Pembelajaran Matematika Inovatif berbasis IKRAR. Prestasi Pustaka.

Thaqi, X. (2011). Prospective Teacher’s Understanding of Geometric Transformation. 12th International Congress on Mathematical Education. Seoul:TSG10.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/wms.v14i1.23481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diindeks oleh:








Flag Counter
 

 

View My Stat