Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Tutor Sebaya Berbantuan Komik Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Putri Anugrah Cahya Dewi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat model pembelajaran tutor sebaya berbantuan komik matematika berbasis pendidikan karakter dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desain penelitian Model 4-D oleh Thiagarajan dan Semmel (1974). Model 4-D terdiri dari tahap define, design, develop dan desseminate. Namun, tahap desseminate tidak dilaksanakan karena adanya keterbatasan waktu. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII SMP PGRI 1 Denpasar sebagai subjek penelitian. Responden pada uji coba terbatas sebanyak 16 orang terdiri atas 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Responden pada uji lapangan I sebanyak 36 orang dan pada uji lapangan II sebanyak 38 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, kuisioner, angket dan tes uraian. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa skor kemampuan pemecahan masalah siswa pada uji coba lapangan I adalah 79,81 (kategori baik) dan meningkat menjadi sebesar 81,5 (kategori baik) pada uji coba lapangan II. Karakteristik LKS komik antara lain: (a) memperkenalkan tokoh pekerja keras dan mandiri, dan (b) menyajikan permasalahan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Sedangkan, karakteristik RPP yang diterapkan antara lain: (a) memberikan ruang kepada siswa untuk saling bertukar pikiran dengan teman sebaya, (b) melatih siswa menjadi lebih komunikatif, dan (c) memberikan kesempatan untuk mengkonstruksi konsep secara mandiri.


Full Text:

PDF

References


Agboola, A., & Tsai, K. C. (2012). Bring Character Education into Classroom. European Journal of Educational Research, 1(2), 163–170.

Al-Hebaishi, S. M. (2017). The Effect of Peer Instruction Method on Pre-Service Teachers’ Conceptual Comprehension of Methodology Course. Journal of Education and Learning, 6(3), 70–82.

Ati, R. S. et al. (2014). Pengembangan Media Komik Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Bangun Datar. Edusainstika Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1).

Baiduri. (2017). Elementary School Students’ Spoken Activities and Their Responses in Math Learning by Peer-Tutoring. International Journal of Instruction, 10(2), 145–160.

Bolton-Gary, C. (2012). Connecting through Comics: Expanding Opportunities for Teaching and Learning. https://eric.ed.gov/?q=connecting+through+comics&ft=on&id=ED533545

Dewi, I. & Harahap, M. S. (2016). The Development of Geometri Teaching Materials Based on Constructivism to Improve the Students’ Mathematic Reasoning Ability through Cooperative Learning Jigsaw at the Class VIII of SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Journal of Education and Practice, 29(7), 68-82.

Eskay, M., Onu, V. C., Obiyo, N., & Obidoa, M. (2012). Use of Peer Tutoring, Cooperative Learning, and Collaborative Learning: Implications for Reducing Anti-Social Behavior of Schooling Adolescents. US-China Education Review, 932-945.

Istiningsih. (2016). Character Education of the Most Developed Countries in ASEAN. Journal of Education and E-Learning Research, 3(1), 32–37.

Kerneža, M., & Košir, K. (2016). Comics as a Literary-Didactic Method and Their Use for Reducing Gender Differences in Reading Literacy at the Primary Level of Education. Center for Educational Policy Studies Journal, 6(2), 125–149.

Kim, D. H., Jang, H. G., Shin, D. S., Kim, S.-J., Yoo, C. Y., & Chung, M. S. (2012). Science Comic Strips. Journal of Education and Learning, 1(2), 65–71.

Manchester, A. (2017). Teaching Critical Looking: Pedagogical Approaches to Using Comics as Queer Theory. SANE Journal: Sequential Art Narrative in Education, 2(2), 24-34.

Pardimin & Widodo, S. A. (2017). Development Comic Based Problem Solving in Geometri. Development Comic Based Problem Solving in Geometry. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3), 233-241.

Saidek, A. R., Islami, R., & Abdoludin. (2016). Character Issues: Reality Character Problems and Solutions through Education in Indonesia. Journal of Education and Practice, 7(17), 158–165.

Sudrajad, A. (2010). Tentang Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Paramitra.

Sze-Hung, C. (2004). Peer Tutoring in Pure Mathematics Subject. Jurnal Guru Hong Kong Pusat.

Tjalla, A., & Sofiah, E. (2015). Effect of Methods of Learning and Self Regulated Learning toward Outcomes of Learning Social Studies. Journal of Education and Practice, 6(23), 15–20.

Zannah Zelia, W., Hobri, (first, & Suharto. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbantuan Komik Pop Up dengan Model Problem Based Instruction (PBI) Sub Pokok Bahsaan Kubus dan Balok Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Kadikma, Vol. 5, No. 3, 69-78.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/wms.v14i1.23486

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diindeks oleh:








Flag Counter
 

 

View My Stat