Efek Geogebra pada Minat Belajar Siswa SMP

ANISA NURUL ISLAMI, WAHYU SETIAWAN

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek dari penggunaan geogebra terhadap minat belajar siswa pada materi transformasi di seluruh SMPN Kabupaten Bandung Barat dengan sampel 34 siswa dari SMP Negeri 1 Sindangkerta. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif presentase. Instrumen pada penelitian ini menggunakan instrumen non-test berisi angket berupa pernyataan siswa terhadap minat belajar pada pembelajaran materi transformasi berbantuan aplikasi geogebra dengan 20 pernyataan sebagai acuan untuk mengetahui efek dari penggunaan geogebra ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dampak positif terhadap minat belajar siswa bagi penggunaan geogebra pada materi transformasi. Diketahui dari 19% siswa menyatakan sangat setuju, 67% siswa setuju, 10,4 siswa tidak setuju dan 3,6% siswa menyatakan sangat tidak setuju.

 


Keywords


GeoGebra; Interest in Learning;Transformation

Full Text:

PDF

References


Ali, M., & Asrori, M. (2005). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. PT. Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fatimah, A. T., Amam, A., & Effendi, A. (2017). Konstruksi Pengetahuan Trigonometri Kelas X Melalui Geogebra dan LKPD. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 178–188. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.596

Rahmawati, N. S., Bungsu, T. K., Islamiah, I. D., & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa MA AL-Mubarok Melalui Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi Geogebra pada Materi Statistika Dasar. Journal On Education, 01(03), 386–395.

Sudijono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. In Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susilawati, W. (2014). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung: CV. Insan Mandiri.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/wms.v14i1.23759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diindeks oleh:








Flag Counter
 

 

View My Stat