Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Otentik dengan Pendekatan Induktif-Deduktif

i putu pasek suryawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis masalah otentik dengan pendekatan induktif-deduktif terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Matematika Keuangan dan Program Linier. Penelitian ini dilakukan atas dasar bahwa pembelajaran yang terjadi cenderung hanya dihadapkan pada masalah yang kurang memberikan ruang pada mahasiswa untuk mengaitkan pengalaman nyatanya dalam menyelesaikan soal-soal yang dihadapi, serta penyajian materi yang tersedia lebih banyak menggunakan pendekatan deduktif yang menyebabkan mahasiswa sulit dalam memahami materi. Penelitian eksperimen ini menggunakan rancangan lingkungan Rancangan Acak Kelompok (RAK) 1 faktor, dengan pertimbangan bahwa terdapat perbedaan kemampuan awal mahasiswa, yaitu mahasiswa yang memiliki kemampuan rendah, sedang, dan tinggi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Prodi S1 Pendidikan Matematika di salah satu Universitas di Bali, Indonesia pada tahun akademik 2018/2019. Data kemudian dianalisi dengan menggunakan ANAVA satu jalur. Melalui desain penelitian ini dihasilkan bahwa: (1) pembelajaran berbasis masalah otentik dengan pendekatan induktif-deduktif berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa; dan (2) perbedaan kemampuan awal mahasiswa juga berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa. Dari dua hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa variasi hasil belajar yang terjadi pada setiap kemampuan awal mahasiswa merupakan pengaruh dari perlakuan penerapan pembelajaran berbasis masalah otentik dengan pendekatan induktif-deduktif. Dengan demikian, secara empirik penerapan pembelajaran berbasis masalah otentik dengan pendekatan induktif-deduktif efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Matematika Keuangan dan Program Linier.


Keywords


pembelajaran berbasis masalah ; masalah otentik induktif-deduktif; rancangan acak kelompok

Full Text:

PDF

References


Aisyah, A. 2016. Pendekatan Induktif-Deduktif untuk Meningkatkan Kemampuan Generalisasi dan Self Confident Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika Vol 2 Nomor 1. Hal 1-12.

Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Candiasa, I. M. 2010a. Statistik Univariat dan Bivariat Disertasi Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.

Candiasa, I. M. 2010b. Statistik Multivariat Disertasi Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.

DBE. 2007. Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi. ALFHE: Jakarta.

Haerudin. 2011. Penerapan Metode SAVI dengan Pendekatan Induktif dan Peningkatan Berpikir Kreatif Matematis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung Volume 1. Hal 287 – 291.

Parwati, Suryawan, & Ratih. 2018. Belajar dan pembelajaran. Surabaya: RajaGrafindo.

Pongtuluran. 2008. Student Centered Learning: The Urgency and Possibellities. Petra Christian University.

Pujawan, I.G. N. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi Masalah Otentik Berbantuan Software Maple. Laporan Penelitian. Tidak Dipublikasikan. Singaraja: Undiksha.

Retnawati, H. 2015. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan pada Pelatihan Merancang Strategi Pembelajaran Tematik di KKG MIN Krincing Magelang Jawa Tengah tanggal 20 September 2015.

Rochmad. 2010. Proses Berpikir Induktif dan deduktif dalam Mempelajari Matematika. Jurnal Matematika Kreatif - inovatif. Volume 1 Nomor 2. Hal 107 -117.

Steel, R. G. D & Torrie, J. H. 1980. Principles and Procedures of Statistics. Nort Carolina State University.

Suarsana, I. M. 2015. Pengembangan bahan Ajar Aljabar Abstrak dengan Pendekatan Induktif-Deduktif. Prosiding Seminar Nasional FMIPA Undiksha.

Suryawan, I. P. P. 2017. Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Terbuka yang Mengintegrasikan Nilai ANEKA. Prosiding Seminar Nasional. FMIPA: Undiksha.

Suryawan, I. P. P. 2018. Integrating ethnomathematics into open-ended problem based teaching materials. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1040 (2018) 012033.

Palm, T. 2008. Practical Assesment, Research& Evaluation. Vol 13 No.4.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/wms.v14i1.24291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diindeks oleh:








Flag Counter
 

 

View My Stat