PENGGUNAAN KARTU SOAL LISAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SAINS SISWA KELAS VIII SMP LABORATORIUM UNDIKSHA DI SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Drs Made Resika SMP Laboratorium Undiksha Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v15i1.24455

Keywords:

kartu soal lisan, aktivitas belajar, dan hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.1, 2, 3 dan 4 SMP Laboratorium Undiksha tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 82 orang. Data dikumpulkan dengan tes, kuesioner dan lembar observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II (M1 =78,00; K1 = 86,65 dan SD1= 9,23, kategori baik; M2= 81,76; K2= 92,61 dan SD2= 7,90 kategori baik),  (2) terjadi peningkatan aktivitas belajar berurut aktivitas visual, oral, listen, writen, drawing, motorik, mental dan emosional  siswa dari siklus I ke siklus II (V1= 92%; O1= 81%, L1= 96%, W1= 91%, D1= 68%, Mo1= 79%, Me1=82% dan E1= 61% kategori cukup s/d sangat baik; V2= 95%; O2= 94%, L2= 99%, W2= 97%, D2= 87%, Mo2= 90%, Me2=91% dan E2= 80% kategori baik s/d sangat baik).

References

Berliana 2008. Pengertian Kartu Soal . Diperoleh tanggal 15 Juli 2019 dari http://adzjiotarbiayh.blogspot.com/2012.03/media-pembelajaran-dengan-kartusoal.html.

Diana Sulastry Bethan. 2016. Penggunaan Permainan Kartu Soal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di SD Negeri Jarakan. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogya.

Kemendikbud. 2017. Buku Petunjuk Guru Mata Pelajaran IPA SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Pt Gramedia.

Kemendikbud. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII Semester 1. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Nasution, S. 2000. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Putri Permatasari, Wijanarko, Agung Handayanto. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Dengan Media Kartu Soal Dan Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange Dengan Media Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Matriks Kelas X Semester II SMK Negeri 1 Demak Tahun Ajaran 2012/2013. Demak.

Rositawati. 2012. Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Kartu Soal untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SD N 2 Sukadadi Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi. Sukadadi

Sudjana, N. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Downloads

Published

2021-04-26

Issue

Section

Articles