PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Ketut Arnawa smkn 3 singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v15i1.29801

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Metode Tutor Sebaya

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut. Penelitian ini, adalah Penelitian Tindakan Kelas, subjek penelitian kelas XI TPm1 berjumlah 30 orang, dengan objek penelitian peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Metode Tutor Sebaya. Metode  pengumpulan data melalui test hasil belajar, dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Data disajikan dalam bentuk rata-rata hasil belajar serta persentase ketuntasan belajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sikap siswa dalam katagori baik, rata-rata hasil belajar pada awalnya pada aspek pengetahuan 63,33, keterampilan 69,72  dengan ketuntasan belajar pada aspek pengetahuan 36,67%  dan keterampilan 60%. Siklus I meningkat menjadi rata-rata hasil belajar pada aspek pengetahuan 74,00, keterampilan 73,98 dengan ketuntasan belajar  pada aspek pengetahuan 80% dan keterampilan76,67%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi rata-rata hasil belajar pada aspek pengetahuan 75,67, keterampilan 81,82, dengan ketuntasan belajar pada aspek pengetahuan dan keterampilan sama-sama 86,67%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Metode Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Downloads

Published

2021-04-26

Issue

Section

Articles