Analisis kemampuan penalaran matematis siswa kelas x sma pada materi sistem persamaan linear tiga variabel

Authors

  • Re Agnes Gempar Universitas Islam Malang
  • Re Agnes Gempar Universitas Islam malang

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v15i3.31236

Keywords:

kemampuan penalaran matematis, SPLTV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas X SMA pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian dilakukan pada subjek terbatas sebanyak 3 orang subjek peneliti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa soal tes berbentuk uraian sebanyak 5 soal. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua langkah. Langkah pertama mengelompokkan jawaban 36 siswa berdasarkan kategori kemampuan tinggi, sedang, rendah. Langkah kedua menganalisis jawaban yang diberikan siswa dalam bernalar terhadap soal SPLTV berdasarkan kategori tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kategori kemampuan tinggi dapat mengintepretasikan ide dengan baik, dapat menentukan dan mengimplementasikan strategi penyelesaian dengan baik, dan dapat membuat kesimpulan dengan tepat. Siswa dengan kategori sedang menunjukkan bahwa kurang mampu mengintepretasikan ide dengan baik, dapat menentukan dan mengimplementasikan strategi penyelesaian dengan baik, namun tidak dapat membuat kesimpulan dengan tepat. Siswa dengan kategori rendah menunjukkan tidak dapat mengintepretasikan ide dengan baik, tidak dapat menentukan dan mengimplementasikan strategi penyelesaian dengan baik, dan tidak dapat membuat kesimpulan dengan tepat.

Author Biographies

Re Agnes Gempar, Universitas Islam Malang

Pendidikan Matematika

Re Agnes Gempar, Universitas Islam malang

Pendidikan Matematika

References

Afif, A.M.S., Suyitno, H., W. (2016). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa kelas vii ditinjau dari gaya belajar siswa pada. 2007, 328–336.

Alham Syukman Siasa , Moh . Salam , Suhar. (2018). 6(1), 1–14.

Ario, M. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK Setelah Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah Edu Research, 5(2), 125–134.

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1(1), 588–595.

Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita di SMAN 6 Malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27–33.

https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.2003

Utami, A. J. L., & Zukarnaen, R. (2019). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 448–458.

R. Bjuland, Adult Students’ Reasoning in Geometry: Teaching Mathematics through Colaborative Problem Solving in Teacher Education. The Montana Mathematics Emthusiast. (ISSN 1551-3440, Vol. 4, No. 1, 1-30, 2007).

Setiawan, Y. E. (2020a). Analisis Kemampuan Siswa dalam Pembuktian Kesebangunan Dua Segitiga. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 23–38. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.80

Setiawan, Y. E. (2020b). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menggeneralisasi Pola Linier. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 4(2), 180–194. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3386

Setiawan, Y. E. (2020c). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menilai Kebenaran Suatu Pernyataan. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 13–31. https://doi.org/10.24815 /jdm.v7i1.14495

Setiawan, Y. E. (2020d). Proses Berpikir Siswa dalam Memperbaiki Kesalahan Generalisasi Pola Linier. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 371–382. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.751

Downloads

Published

2022-01-12