MENENTUKAN CADANGAN PROSPEKTIF DAN RETROSPEKTIF PECAHAN ASURANSI JIWA JOINT LIFE UNTUK DUA ORANG TERTANGGUNG

Sam Wibowo, Rudi Ruswandi, Ahmad Faisol

Abstract


Cadangan premi adalah sejumlah dana yang harus disiapkan perusahaan asuransi untuk membayarkan benefit kepada tertanggung. Cadangan premi dapat dihitung berdasarkan pengeluaran di masa lalu yang disebut cadangan retrospektif dan juga dapat dihitung berdasarkan pengeluaran di masa depan yang disebut cadangan prospektif. Cadangan yang dihitung beberapa kali dalam satu tahun disebut cadangan pecahan. Dalam penelitian ini, jenis asuransi yang akan dihitung adalah asuransi joint life berjangka untuk dua orang tertanggung dengan asumsi sepasang suami-istri menandatangani polis asuransi saat berumur masing-masing50 tahun dan 45tahun, tingkat suku bunga sebesar5%, kontrak asuransi selama 10 tahun, cadangan dihitung persemester, dan benefit sebesar Rp.50.000.000. Tabel mortalita yang digunakan adalah Tabel Mortalita Indonesia 2011 untuk laki-laki dan perempuan. Berdasarkan analisis penelitian, cadangan semester ganjil maupun semester genap setiap waktunya konsisten meningkat sampai titik tertinggi, setelah itu menurun hingga semester terakhir masa kontrak asuransi cadangannya sebesar Rp 0. Cadangan pada semester genap selalu lebih besar dari cadangan semester ganjil sebelumnya maupun sesudanya, hal ini disebabkan oleh unearned premiumi.


Keywords


Asuransi Joint Life; Cadangan Pecahan; Cadangan Prospektif; Cadangan Retrospektif

Full Text:

PDF

References


Destriani, N., S., & M.N., M. (2014). Penentuan Nilai Cadangan Prospektif pada Asuransi Jiwa Seumur Hidup Menggunakan Metode New Jersey. Buletin Ilmiah Mat.Stat Dan Terapannya (BIMASTER), 03, 7–12.

Futami, T. (1993). Matematika Asuransi Jiwa Bagian I. Incorporated Foundation Oriental Life Insurance Cultural Development Center.

Futami, T. (1994). Matematika Asuransi Jiwa Bagian II. Incorporated Foundation Oriental Life Insurance Cultural Development Center.

Jordan, J. C. W. (1991). Life Contingencies. The Society of Actuaries.

Sembiring, R. K. (1986). Asuransi I. Karunika Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/wms.v15i2.32040

Article Metrics

Abstract view : 262 times
PDF file view : 118 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diindeks oleh:








Flag Counter
 

 

View My Stat