Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Soal PISA di SMPN 2 Karawang Barat

Authors

  • Fiqih Fadillah Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v15i3.32118

Keywords:

Literasi Matematis, PISA

Abstract

Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang dikenal dengan penuh angka, perhitungan, dan penalaran. Namun pada dasarnya, siswa tidak semata-mata hanya menyelesaikan pemecahan masalah berupa soal-soal rutin, melainkan lebih cenderung pada permasalahan sehari-hari yang dihadapi, atau dikenal sebagai kemampuan literasi matematika. Dengan menggunakan konten Change and relationship pada soal PISA diharapkan dapat mengetahui pencapaian kemampuan literasi matematika siswa pada tingkat SMP. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan guna mengetahui serta menganalisis kemampuan literasi matematis siswa di SMP Negeri 2 Karawang Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII J SMP Negeri 2 Karawang Barat dalam menyelesaikan soal-soal PISA pada konten Change and relationship pada indikator Merumuskan (Formulate), Menerapkan (Employ) dan Menafsirkan (Interpret). Hasil penelitian menyatakan bahwa kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII J di SMPN 2 Karawang Barat dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship masih cukup rendah.

Kata Kunci: Literasi Matematis, PISA

References

Anwar, N. T. (2018). Peran kemampuan literasi matematis pada pembelajaran matematika abad-21. PRISMA, 1, 364–370.

Asmara, A. S., Waluya, S. B., & Rochmad. (2017). Analisis kemampuan literasi matematika siswa kelas X berdasarkan kemampuan matematika. Scholaria, 7(2), 135–142.

Fatmawati, D. (2016). Pengembangan soal matematika pisa like pada konten change and relationship untuk siswa sekolah menengah pertama. MATHEdunesa, 5(2).

Madyaratri, D. Y., Wardono, & Prasetyo, A. P. B. (2019). Kemampuan literasi matematika siswa pada pembelajaran problem based learning dengan tinjauan gaya belajar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 648–658. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Mansur, N. (2018). Melatih literasi matematika siswa dengan soal PISA. Prisma, 1, 140–144.

Masjaya dan Wardono. (2018). Pentingnya kemampuan literasi matematika untuk menumbuhkan kemampuan koneksi matematika dalam meningkatkan SDM. PRISMA, 1, 568–574.

Mena, A. B., Lukito, A., Yuli, T., & Siswono, E. (2016). Literasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari Adversity Quotient ( AQ ). Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 187–198.

Simalango, M. M., Darmawijoyo, & Aisyah, N. (2018). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal PISA tahun 2012 level 4, 5, dan 6 di SMP N 1 INDRALAYA. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 43–58. https://doi.org/10.22342/jpm.11.2.2143.

Downloads

Published

2022-01-12