STUDI KEPUSTAKAAN TENTANG MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v15i3.38716Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran, Studi Kepustakaan, Think Pair Share (TPS)Abstract
Karya ilmiah ini bertujuan untuk mengupas secara tuntas terkait model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa berdasarkan berbagai informasi, seperti: buku, jurnal, artikel, karya-karya ilmiah lainnya. Di dalam penelitian ini mengambil 5 (lima) jurnal yang telah diterbitkan sehingga data atau teori yang dipaparkan menjadi cukup kuat dan jelas. Metode yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah studi kepustakaan (library research) dimana studi kepustakaan digunakan untuk mengumpulkan berbagai sumber data atau teori yang mendukung dalam terbentuknya karya ilmiah ini. Adapun pembahasan dalam karya ilmiah ini adalah mendapatkan berbagai informasi melalui 5 (lima) jurnal tentang model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Selanjutnya, peneliti mendapatkan informasi bahwa hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan ketika diterapkannya strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada saat pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, dengan adanya model pembelajaran Think Pair Share (TPS) sekiranya dapat memberikan solusi dan strategi yang inovatif dan variatif terhadap setiap guru/pendidik dalam menjalani proses pembelajaran matematika sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas. Sehingga dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas.
References
Astriani, Novia, Rochaminah, Sutji, & Sugita, Gandung. (2021). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B SMP Bala Keselamatan Maranatha Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat”. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. 8(3): 331-343.
Chusniati, Iman, Muis Sad, & Sari, Kanthi Pamungkas. (2015). “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Strategi Think-Pair Share Di MI Ma’arif Sambeng Borobudur”. Tarbiyatuna. 6(1): 62-76.
Cindy, Effie, dan Rusdi. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 17 Kota Bengkulu”, Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). 3(1): 40-53.
Fauziah, Ima. (2017). “Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku (Penelitian Tindakan Kelas Pada Sub Tema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku IV SDN Bhinangkit Kabupaten Subang Tahun Ajaran 2016/2017)”. Skripsi. Bandung: FKIP Unpas.
Fathurrohman, Pupuh, dan Sutikno, M. Sobry. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
Fahrurrozi & Hamdi, Sukrul. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Lombok: Universitas Hamzanwadi Press.
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hardi, Sutarto. (2017). Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Heruman. (2013). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ibrahim dan Suparni. (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: SUKA-PRESS.
Jonathan, Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kasimuddin. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Makassar. JPF. 4(1): 54-72.
Khamid. (2014). “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Think Pair Share Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Jetis 1 Yogyakarta”. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”. 1(2): 8-15.
Mardalis. (1999). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi
Aksara.
Marta, Rusdial. (2017). “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Di Sekolah Dasar”. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2): 74-79.
Megawanti, Priarti. (2015). “Meretas Permasalahan Pendidikan di Indonesia”. Jurnal Formatif. 2(3): 225-232.
Nazir, Moh. (1988). Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Novita, Rita. (2014). “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Materi Trigonometri di Kelas XI IA1 SMA Negeri 8 Banda Aceh”. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(1): 129-139.
Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
PP Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Salmah. (2018). “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share”. Jurnal Global Edukasi. 2(3): 241-248.
Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Saeful, Pupu. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Sekretariat Negara RI. (2007). Undang-undang RI. Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Visimedia.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung:
Alfabeta.
Supardi. (2015). “Arah Pendidikan di Indonesia Dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi”. Jurnal Formatif. 2(2): 110-122.
Widodo, Heri. (2015). “Potret Pendiidkan di Indonesia dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA)”. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 13(2): 290-301.
Yusuf, Munir. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Kampus IAIN Palopo.
Zed, Mestika. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor
Indonesia.
http://www.oecd.org/pisa/ diakses pada tanggal 25 Juli 2021 pukul 23.14 WIB.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License