PENERAPAN TEORI PERMAINAN DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN OPTIMUM PADA PRODUK KECANTIKAN

Authors

  • debora exaudi sirait Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v15i3.39283

Abstract

Akibat dampak Covid-19 banyak penduduk Indonesia yang terkena dampak PHK, sehingga mengambil ahli untuk mengikuti MLM produk Oriflame dan Jafra dimana produk kecantikan hal yang paling laris dimasa ini. Teori permainanz(Game Theory) merupakan teorizyangzmenggunakan pendekatan matematiszdalam merumuskanzsituasi persaingan danzkonflik antara berbagaizkepentingan. Teori inizdikembangkan untuk menganalisazproses pengambilanzkeputusan yaituzstrategi optimumzdari situasi-situasizpersaingan yangzberbeda-beda danzmelibatkan duazatau lebih kepentingan.Adapun batasan masalahnya dipilih menjadi 5 batasan masalah, yaitu: Produk,Harga,Lokasi, Promosi,Pelayanan.Dari hasil uji reliabilitas kuisioner pendahuluan dengan menggunakan software SPSS 19.0 didapatkan nilai  = 0.820.  Dengan strategi murni diperoleh titik pelana (saddle point) karena nilai maksimin  sama dengan nilai minimaks sehingga strategi murni merupakan strategi optimalnya. Oleh karena itu, dengan strategi murni telah didapatkan strategi  optimal dari pemain Jafra dan Oriflame. Dimana strategi optimal sebesar 10 pada (X1,Y2), Jafra menggunakan strategi produk dan Oriflame menggunakan strategi Harga.

 

 

Downloads

Published

2022-01-12