Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA SMP Berbasis Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v17i3.48728Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA berbasis model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Pengembangan dilakukan menggikuti model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap. Penelitian melibatkan empat ahli dan dua guru selaku praktisi untuk menilai validitas produk. Dua orang ahli sebagai validator komponen isi ,satu orang ahli dan satu guru praktisi sebagai validator komponen media, satu orang ahli dan satu guru praktisi sebagai validator komponen bahasa. Dua orang guru dan 63 siswa kelas VIII dilibatkan untuk menguji kepraktisan produk. Enam puluh tiga siswa kelas VIII dilibatkan untuk menguji efektivitas produk. Hasil penelitian menemukan bahwa karakteristik produk yang dikembangkan LKPD IPA berbasis model pembelajaran kontekstual (1) dirancang sesuai sistematika penyusunan LKPD, (2) mengandung sintak pembelajaran kontekstual, (3) memuat fenomena kontekstual yang terjadi di lingkungan siswa sesuai dengan materi IPA, (4) memuat kegiatan pembelajaran yang meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, serta (5) meningkatkan hasil belajar siswa. Data uji validitas menunjukkan perolehan rerata skor validitas sebesar 0,92 dengan kategori valid. Data hasil angket respon guru dan respons siswa menunjukkan skor sebesar 92,8% dan 95,5% dengan kategori sangat praktis. Analisis terhadap skor hasil pretest dan posttest hasil belajar siswa menunjukkan nilai N-Gain sebesar 0,73, sedangkan skor N-Gain hasil pretest dan posttest keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 0,67. Masing-masing berkategori efektif. Hasil ini mengindikasikan bahwa pembelajaran yang dilakukan menggunakan LKPD IPA berbasis model pembelajaran kontekstual yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa.
Kata kunci: LKPD, kontekstual, hasil belajar, keterampilan berpikir kritis
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License