Kontribusi Kemandirian dan Gaya Belajar Siswa pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Denpasar

Authors

  • Indra Diah Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Nyoman Yudi Hartawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Sariyasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v16i3.52871

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: apakah terdapat kontribusi kemandirian pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X MIPA SMA Negeri 5 Denpasar dan apakah terdapat kontribusi kemandirian dan gaya belajar pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X MIPA SMA Negeri 5 Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode ex post facto. Sampel pada penelitian ini sebanyak 78 siswa (kelas X MIPA 6 dan X MIPA 7), penarikan sampel menggunakan teknik random sampling.  Instrumen yang digunakan untuk variabel kemandirian dan gaya belajar adalah angket dengan masing-masing 30 pertanyaan, sedangkan instrumen untuk variabel kemampuan pemecahan masalah matematika adalah tes dengan 5 soal tes, dimana masing-masing instrumen telah diuji validitas, reliabilitas, validitas isi dan tingkat kesukarannya. Uji hipotesis pertama menggunakan analisis regresi sederhana sedangkan uji hipotesis kedua menggunakan analisis regresi berganda. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa kemandirian pada kemampuan pemecahan masalah matematika mempunyai kontribusi yang sangat kuat dengan kontribusi 75,6%. Hasil uji hipotesis kedua yaitu: 1) kemandirian dan gaya belajar visual pada kemampuan pemecahan masalah matematika mempunyai  kontribusi yang cukup dengan kontribusi 31,9%, 2) kemandirian dan gaya belajar auditori pada kemampuan pemecahan masalah matematika mempunyai kontribusi yang kuat dengan kontribusi 47,3%, dan 3) kemandirian dan gaya belajar kinestetik pada kemampuan pemecahan masalah matematika mempunyai kontribusi yang kuat dengan kontribusi 40,7%. Kemandirian dan gaya belajar dapat membantu peserta didik untuk mengambil keputusan dan tindakan yang tepat dalam menghadapi permasalahan dalam proses belajar yang nantinya akan berdampak positif terhadap kemampuan pemecahan masalah bagi siswa.

Downloads

Published

2023-01-09