PENGARUH PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERHADAP SELF-EFFICACY DAN HASIL BELAJAR FISIKA

Authors

  • Ni Ketut Rapi Prodi S1 Pendidikan Fisika
  • Luh Putu Budi Yasmini Prodi S1 Pendidikan Fisika
  • Putu Widiarini Prodi S1 Pendidikan Fisika
  • Nurfa Risha Prodi S1 Pendidikan Fisika

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v16i3.53737

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa implementasi kurikulum Fisika di SMA belum mampu mengembangkan self-efficacy dan hasil belajar Fisika  siswa secara maksimal.  Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh perangkat pembelajaran berbasis inkuiri  terhadap self-efficacy dan hasil belajar Fisika siswa. Penelitian menggunakan desain pretest-posttest Non Equivalent Control Group Design. Populasi  penelitian sebanyak 790 siswa, dan  sampel penelitian sebanyak 145 siswa diambil dengan teknik multi stage.  Instrumen terdiri dari kuesioner   self-efficacy dan tes hasil belajar Fisika. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kovarians multivariat. Hasil penelitian menunjukkan: (1)  nilai rata-rata self- efficacy pada kelompok eksperimen 80,3 dengan standar deviasi 5,3 berkategori tinggi dan kelompok kontrol 77,3 dengan standar deviasi 4,6 berkategori tinggi; (2) nilai rata-rata hasil belajar fisika pada kelompok eksperimen  78,3 dengan standar deviasi 5,1 berkategori tinggi dan kelompok kontrol 73,3 dengan standar deviasi 4,1 berkategori tinggi; dan (3)  terdapat perbedaan self- efficacy dan hasil belajar fisika  baik secara simultan maupun secara mandiri antara siswa yang difasilitasi   pembelajaran berbasis inkuiri dengan yang difasilitasi perangkat pembelajaran konvensional. Ini berarti perangkat pembelajaran berbasis inkuiri lebih berpengaruh daripada perangkat pembelajaran konvesional untuk meningkatkan  self- efficacy dan hasil belajar fisika siswa.

 

Kata kunci:  inkuiri, self-efficacy, hasil belajar

Downloads

Published

2023-01-09