Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPA Berbasis Mind Mapping Terintegrasi Konteks Budaya Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP

Authors

  • putu agus putra dwipayana S2 PENDIDIKAN IPA PASCASARJANA
  • I.N Suardana
  • I.N Tika

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v18i1.57176

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-modul IPA SMP kelas VII berbasis mind mapping terintegrasi konteks budaya lokal yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengakomodasi model ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Data yang dikumpulkan dalam bentuk data kualitatif dan kuantitatif melalui kuisioner validitas ahli, kepraktisan guru dan siswa, serta tes hasil belajar siswa. Uji efektivitas dilakukan dengan rancangan pre-experimental one group pre-test-post-test design. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu (1) E-modul dikemas dengan mind mapping terintegrasi konteks budaya lokal yang dilengkapi ilustrasi fenomena alam sekitar, budaya Bali, video, audio, dan kuis interaktif. (2) E-modul IPA sangat valid dari segi materi dengan koefesien validasi Gregory 1,00, sangat valid dari segi media dengan nilai rata-rata 95,00, sangat valid dari segi bahasa dengan nilai rata-rata 99,20. (4) E-modul sangat praktis oleh guru dan peserta didik dengan nilai rata-rata berturut-turut 94,61 dan 91,89. (5) E-modul dinyatakan efektif meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai <gain score> 0,53 kualifikasi sedang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa E-modul IPA berbasis mind mapping terintegrasi konteks budaya lokal dinyatakan valid, praktis, dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: E-modul, Hasil Belajar, Mind Mapping, Konteks Budaya Lokal.

Downloads

Published

2024-04-12

Issue

Section

Articles