Profil Self-Efficacy pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v17i2.57667Abstract
Pentingnya memiliki sikap self-efficacy siswa akan berdampak pada lebih aktif pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Selain itu siswa berpikir lebih positif tentang kemampuan memecahkan masalah dalam pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat self-efficacy siswa kelas X di SMK N 4 Yogyakarta dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas X Kuliner 5 dengan sampel sejumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen non-tes berupa angket self-efficacy . Instrumen dibuat berdasarkan empat indikator self-efficacy yaitu: 1) Dapat menyelesaikan tugas tertentu; 2) Dapat memotivasi diri untuk melakukan tindakan yang diperlukan dalam menyelesaikan tugas; 3) Mampu berusaha dengan keras, gigih dan tekun; 4) Mampu bertahan menghadapi hambatan dan kesulitan. Pada indikator penyataan 1 menunjukkan bahwa hampir seluruh siswa mampu menyelesaikan tugas tertentu yang diberikan oleh guru pada saat pembelajaran matematika. Pada indikator 2 menunjukkan bahwa hampir seluruh siswa mampu memotivasi diri untuk melakukan tindakan yang diperlukan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru pada saat pembelajaran matematika. Pada indikator 3 menunjukkan bahwa hampir seluruh siswa mampu berusaha dengan keras, gigih dan tekun pada saat mengerjakan tugas dan pembelajaran matematika. Pada indikator 4 menunjukkan bahwa hampir seluruh siswa mampu bertahan menghadapi hambatan dan kesulitan pada saat mengerjakan tugas yang diberikan guru dan pada saat pembelajaran matematika.
Kata-kata kunci: Pembelajaran Matematika, Self-Efficacy, Siswa SMK.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License