Penggunaan Model STAD Berbantuan Media Bianglala terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa SD

Authors

  • Dwi Dian Andriyani Universitas Muria Kudus
  • Siti Masfuah
  • Lovika Ardana Riswari

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v18i1.67409

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD berbantuan media Bianglala terhadap pemahaman konsep matematika pada materi luas bangun datar kelas IV SD 01 Kalipucang Wetan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu Pre-Exprerimental Design dengan one group pretest-postest. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Kalipucang Wetan dengan populasi 27 siswa kelas IV SDN 01 Kalipucang Wetan. Teknik pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan jenuh. Adapun teknik pengumpulan data yaitu tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas data dan uji paired t-test untuk uji hipotesis penelitian. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil tiap indikator yaitu: (1) Kemampuan menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari dengan skor 61,23 meningkat menjadi 78,15; (2) Kemampuan mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan yang membentuk konsep tersebut dengan skor 80,86 meningkat menjadi 90,30; (3) Kemampuan menerapkan konsep secara algoritma dengan skor 52,22 meningkat menjadi 87,41; (4) Kemampuan memberikan contoh dan bukan contoh dari konsep yang telah dipelajari dengan skor 42,59 meningkat menjadi 68,15; (5) Kemampuan menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika dengan skor 41,11 meningkat menjadi 62,59. Dari hasil tersebut diketahui terdapat peningkatan dalam pemahaman konsep siswa. Pemahaman konsep yang diajarkan dengan model student teams achievement division lebih berpengaruh dibandingkan dengan menggunakan model konvensional, hal ini terjadi karena dalam proses pembelajaran siswa saling berdiskusi bantu-membantu untuk menyelesaikan tugas bersama. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya ada pengaruh model STAD berbantuan Bianglala terhadap pemahaman konsep matematika kelas IV SDN 1 Kalipucang Wetan.

Kata Kunci : STAD, Bianglala, Pemahaman Konsep Matematika

Downloads

Published

2024-04-12

Issue

Section

Articles